SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN NAPZA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 13 MALANG

Eliev Dwi Ramadhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhani, Eliev. Dwi. 2015.Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk E-learning Dalam Pembelajaran NAPZA Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, e-learning, NAPZA.

Pada kurikulum Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga tingkat SMP terdapat materi NAPZA yang dibelajarkan disekolah. Namun, di dalam proses pembelajaran di sekolah materi NAPZA kurang di minati oleh peserta didik. Dengan kondisi tersebut maka perlu adanya media yang tepat untuk menarik minat peserta didik. Oleh karena itu, telah dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran bentuk e-learning dalam pembelajaran NAPZA pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-learning dalam pembelajaran NAPZA pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan serta menimbulkan minat belajar peserta didik dengan memberikan media yang menarik berupa media e-learning khususnya untuk peserta didik kelas VIII SMPN 13 Malang.

Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa model prosedural dengan langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini menggunakan 7 langkah. Subjek penelitian meliputi (1) subjek ahli yaitu ahli media, ahli pembelajaran, ahli kesehtan dan ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan.(2) subjek uji coba yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan instrumen yang digunakan berupa wawancara dan angket.

Hasil analisis data evaluasi produk dari ahli media diperoleh 91,07% termasuk kriteria baik sekali, ahli pembelajaran diperoleh 95,65% termasuk kriteria baik sekali, ahli kesehatan diperoleh 90,62% termasuk kriteria baik sekali, ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan diperoleh 88,75% yang termasuk kriteria baik sekali. Hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh 80,4% yang termasuk kriteria baik dan uji coba kelompok besar diperoleh 85,5% termasuk kriteria baik sekali. Berarti model media bentuk e-learning termasuk kriteria baik sekali.

Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan yaitu berupa media e-learning. Berikut merupakan spesifikasi produk, meliputi: (1) Produk pengembangan menggunakan software utama autoplay 8 profesional dan dikemas dalam bentuk compact disk (CD), (2) Produk ini dilengkapi dengan teks, gambar, audio, animasi serta vidio yang menarik, (3) Pada tampilan utama terdapat pilihan menu kurikulum, materi, kuis petunjuk penggunaan dan biografi pengembang, (4) Isi dari produk ini berupa materi NAPZA. Dari hasil penelitian dan pengembangan disarankan hasil pengembangan ini dapat disosialisasikan sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk materi NAPZA pada kelas VIII SMP Negeri 13 Malang.