SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL PEMANASAN GERAK DINAMIS PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS VII DI SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Rica Noviantika

Abstrak


ABSTRAK

 

Noviantika, Rica. 2015. Pengembangan Model Pemanasan Gerak Dinamis Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Media AudioVisual Pada Kelas VII di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes, (II) Drs. Agus Tomi M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Audio visual, Model Pemanasan Lompat Jauh Gaya Jongkok.

Pembelajaran lompat jauh di sekolah SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang, hasil observasi awal  menunjukkan pendidik belum memiliki model pemanasan yang bervariasi dan bercirikan gerakan yang mendekati sama sebelum materi inti tentang lompat jauh gaya jongkok diberikan. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian dan pengembangan tentang model pemanasan yang bervariasi. Sehubungan dengan hal tersebut telah dilakukan penelitian dan pengembangan tentang model pemanasan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok untuk peserta didik Kelas VII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu mengembangkan model pemanasan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan media audio visual pada kelas VII di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini berupa model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan  berupa kuisioner dan wawancara. Subjek  penelitian terdiri dari subjek ahli meliputi ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan 1 orang, ahli pembelajaran 1 orang, ahli media 1 orang, dan ahli pembelajaran atletik 1 orang dan subjek uji coba berupa peserta didik kelas VII berjumlah 32 orang. Jenis data yang diperoleh termasuk jenis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu teknik analisis model pemanasan isi dan teknik analisis deskriptif persentase.

Hasil penilaian ahli terhadap model pemanasan dari ahli pembelajaran diperoleh persentase 97,5% kriteria baik sekali, dari ahli media diperoleh persentase 75% kriteria baik, dari ahli pembelajaran atletik diperoleh persentase 82,5% kriteria baik sekali. Dari ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan diperoleh persentase 74,1% kriteria baik . Dari hasil uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata persentase 81,2% kriteria baik sekali dan dari hasil uji coba lapangan (uji coba kelompok besar) didapatkan rata-rata persentase 84,1% kriteria baik sekali. Sehingga, model pemanasan lompat jauh gaya jongkok ini memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan pada mata pelajaran lompat jauh gaya jongkok di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Kesimpulan hasil produk pengembangan model pemanasan gerak dinamis pembelajaran lompat jauh gaya jongkok gaya jongkok di SMP Laboratorium UM dapat digunakan untuk pembelajaran lompat jauh. Disarankan produk model pemanasan lompat jauh gaya jongkok dikembangkan lagi supaya lebih menarik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.