SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya meningkatkan keterampilan teknik dasar passing bawah bolavoli dengan model latihan kecepatan reaksi bagi peserta Ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Ambulu Kabupaten Jember

Roman Bagus widya utama

Abstrak


ABSTRAK

 

Passing bawah adalah salah satu teknik dasar permainan bolavoli yang paling sering digunakan. Untuk melakukan passing bawah diperlukan tahap-tahap, yaitu: (1) sikap awal, (2) perkenaan, (3) sikap akhir. Pada observasi awal dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 Januari 2014 pukul 15.00-17.15 WIB, hari Sabtu tanggal 08 Februari 2014 pukul 15.00-17.00 WIB, dan hari senin tanggal 24 Maret 2014 pukul 15.00-17.00 WIB, peserta Ekstrakurikuler permainan bolavoli di SMA Negeri 1 Ambulu Kabupaten Jember mendapatkan hasil, teknik passing bawah pada saat pertandingan memiliki persentase kesalahan tertinggi 31,58%. Instrumen yang digunakan diantaranya: Tahap persiapan (1) Berdiri, kaki dibuka selebar bahu, salah satu kaki tumpuan berada di depan, (2) Kedua lutut ditekuk. Tahap perkenaan bola (1) Perkenaan bola di atas Pergelangan tangan, (2) Perkenaan bola menyentuh ke dua tangan. Tahap akhir (1) Tumit terangkat dari lantai, (2) Pandangan mengikuti arah gerakan bola.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik passing bawah menggunakan model latihan kecepatan reaksi bagi peserta Ekstrakurikuler permainan bolavoli di SMA Negeri 1 Ambulu Kabupaten Jember, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah model latihan, lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Olahraga (PTO). Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler permainan bolavoli di SMA Negeri 1 Ambulu Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan)

Setelah dilakukan perlakuan melalui 2 siklus masing-masing 3 kali pertemuan setiap siklusnya, dari 14 peserta hampir semua mengalami peningkatan. Persentase kebenaran passing bawah setelah dilakukan tindakan  mencapai nilai  95%. Dari hasil penelitian data tingkat keberhasilan peserta ekstrakurikuler dalam melakukan teknik passing bawah bolavoli yang telah diperoleh pada tindakan siklus 2, maka tujuan dari penelitian ini telah tercapai dan tidak perlu diadakan tindak lanjut pada siklus berikutnya.

Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan latihan passing bawah bolavoli dengan model latihan kecepatan reaksi dapat meningkatkan teknik passing bawah. Juga saran yang dapat diberikan yaitu: pendekatan model latihan kecepatan reaksi passing bawah dapat digunakan untuk meningkatkan teknik passing bawah bolavoli, bagi pembina ekstrakurikuler permainan bolavoli, penelitian ini bermanfaat sebagai pedoman untuk menentukan dan memilih latihan yang baik dan bervariasi, Penelitian tindakan kelas ini bisa dijadikan referensi bagi peneliti yang lain untuk meningkatkan teknik passing bawah bolavoli dengan menggunakan model latihan kecepatan reaksi passing bawah yang lebih bervariasi agar peserta tidak mudah jenuh atau bosan pada saat latihan.

Kata Kunci: Passing Bawah, Permainan Bolavoli, Model Latihan Kecepatan Reaksi.