SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan variasi latihan smash permainan bolavoli bagi peserta ekstrakurikuler di SMA Yadika Bangil Kabupaten Pasuruan

SHOFIAH ISTIQOMAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Istiqomah, Shofiah. 2015.Pengembangan Variasi Latihan Smash Permainan BolavoliBagi Peserta Ekstrakurikuler di SMA Yadika Bangil Kabupaten Pasuruan.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi, M.Pd. (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: variasi latihansmashpermainan bolavoli, permainan bolavoli.

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti terhadap peserta di SMA Yadika Bangil Kabupaten Pasuruan pada tanggal 27 Oktober 2014, latihan smash pernah diberikan tapi hanya dengan drill tanpa adanya variasi, sehingga latihan yang diberikan membuat siswa jenuh dan bosan.Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 10 peserta serta 1 pelatih pada ekstrakurikuler di SMA Yadika BangilKabupaten Pasuruan, hasil observasi selama latihan, materi smash permaian bolavoli kurang banyak bervariasi, sehingga minat peserta untuk melakukan latihan smash kurang maksimal dan tidak banyak dari peserta melakukan latihan smash permainan bolavoli.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangakan variasi latihan smash permainan bolavoli yang lebih bervariatif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat, semangat berlatih untuk meningkatkan keterampilan smashpermainan bolavoli pada peserta ekstrakurikuler di SMA Yadika Bangil Kabupaten Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti hanya menggunakan 7 langkah saja.

Hasil analisis validasi ahli kepelatihan permainan bolavoli diperoleh hasil 84,8%, ahlipermainan bolavoli diperoleh hasil 76,7% dan ahli media diperoleh hasil 86,6% maka produk pengembangan layak digunakan sebagai media latihan pada pesertaekstrakurikuler di SMA Yadika Bangil Kabupaten Pasuruan. Dari hasil uji coba kelompok (kelompok kecil) diperoleh persentase sebesar 85,8% dan pada uji lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase sebesar 81,5% sehingga produk pengembangan dapat digunakan.

Produk pengembangan variasi latihan smash permainan bolavoli pada peserta ekstrakurikuler di SMA Yadika Bangil Kabupaten Pasuruan antara lain: (1) variasi latihan dikemas dalam bentuk buku panduan sesuai dengan peserta ekstrakurikuler di SMA Yadika Bangil Kabupaten Pasuruan, (2) tampilan variasi latihan dalam buku panduandisertai dengan petunjuk pelaksanaan latihan sehingga mempermudah peserta untuk memahami variasi latihan tersebut.

Pengembangan variasi latihan smashpermainan bolavoli dapat disimpulkan adalah menarik untuk dilakukan siswa, latihan aman dilakukan, latihan mudah dilakukan, serta latihan bermanfaat untuk siswa. Permainan amandilakukan karena setiap variasi latihan berkonsep sederhana dan menarik. Latihan mudah untuk dilakukan dengan konsep langkah-langkah yang mudah dipahami.