SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Program Latihan Penjaga Gawang Sepakbola U-16 Menggunakan Alat Kick Back untuk SSB Lawang Kabupaten Malang

Dhimas Adityta Nanfa

Abstrak


ABSTRAK

 

Nanfa, Dhimas, Aditya. 2015. Pengembangan Program Latihan Penjaga Gawang Sepakbola U-16 Menggunakan Alat Kick Back untuk SSB  Lawang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (2) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata Kunci:Pengembangan, Latihan Penjaga Gawang Sepakbola, Alat Kick Back.

Latihan penjaga gawang sepakbola di SSB Lawang Kabupaten   Malang kurang maksimal khususnya saat materi latihan lempar tangkap bola. Hal  ini disebabkan karena kurangnya minat dan keaktifan atlet dalam menerima materi  yang disampaikan oleh pelatih. Pada penelitian awal, peneliti melakukan penelitian awal dengan melakukan wawancara kepada Bapak Anjas selaku pelatih penjaga gawang SSB   Lawang. Selanjutnya peneliti melakukan analisis kebutuhan berupa kuesioner yang diberikan kepada 25 atlet di SSB Lawang Kabupaten Malang. Dari hasil analisis kebutuhan diperoleh hasil 70% atlet dan pelatih menyatakan sangat setuju jika mereka mendapatkan buku panduan  sebagai  sumber  belajar  sebelum  mengikuti latihan yang diberikan oleh pelatih, dan 92% atlet menyatakan bahwa program  latihan penjaga gawang menggunakan alat Kick Back perlu dikembangkan dalam bentuk buku panduan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program  latihan penjaga gawang sepakbola menggunakan alat Kick  Back dengan harapan dapat meningkatkan minat dan motivasi latihan atlet penjaga gawang dalam menerima materi yang disampaikan oleh pelatih. Serta  atlet lebih mudah mempraktikkan latihan penjaga gawang menggunakan alat Kick  Back. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar. Terdapat 5 spesifikasi model latihan penjaga gawang sepakbola menggunakan alat Kick Back yang  dikemas dalam bentuk buku panduan.

Hasil justifikasi dari dosen ahli kepelatihan diperoleh persentase sebesar  75-100%, sedangkan hasil justifikasi dari dosen ahli media  diperoleh persentase sebesar 70-80%. Hasil ujicoba kelompok kecil yang melibatkan 6 atlet, diperoleh persentase dengan rata-rata 87,5%. Dari ujicoba kelompok besar yang melibatkan 30 atlet, diperoleh persentase dengan rata-rata 88,46%.

Berdasarkan hasil ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar dapat disimpulkan bahwa progam latihan penjaga gawang sepakbola menggunakan alat Kick Back