SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Passing dan Shooting Ekstrakurikuler Futsal Melalui Media Mobile learning di SMA BSS Malang

Rendy Wahyu Pamungkas

Abstrak


ABSTRAK

 

Pamungkas, Rendy W. 2015. Pengembangan Model Latihan Passing dan Shooting Ekstrakurikuler Futsal Melalui Media Mobile learning di SMA BSS Malang. Pembimbing (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes (II) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Model Latihan Passing dan Shooting, Futsal, mobile learning.

Futsal merupakan permainan yang dimainkan dua regu, masing-masing regu beranggotakan lima orang dan bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Ada beberapa teknik dasar untuk bermain futsal, diantaranya adalah passing dan shooting. Proses latihan yang dilakukan oleh peserta ekstrakurikuler  futsal SMA BSS Malang menunjukkan adanya masalah yaitu kurang bervariasinya model latihan dan media yang digunakan kurang menarik minat siswa. Berdasarkan penyebaran angket yang dilakukan peneliti  terhadap 38 peserta ekstrakurikuler futsal SMA BSS Malang, membuktikan bahwa peserta ekstrakurikuler futsal membutuhkan suatu model latihan dan media yang baru, agar penyampainan materi menjadi lebih efektif dan efisien, media mobile learning dipilih sebagai salah satu media ajar yang cocok untuk era globalisasi seperti saat ini.

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan model latihan passing dan shooting ekstrakurikuler futsal melalui media mobile learning di SMA BSS Malang. Diharapkan dapat membantu dalam penyampaian materi sebagai pelengkap, penguat, dan pengingat.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 7 langkah. Hal ini berkaitan dengan penyesuaian kondisi dan keadaan peneliti. Instrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah model latihan passing dan shooting futsal melalui media mobile learning yang berupa: (1) pengembangan model latihan passing dan shooting futsal yang dikemas dalam bentuk mobile learning dengan format apk, (2) mobile learning yang berisi text, image, dan video, (3) terdapat menu pilihan tentang materi passing dan shooting. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 87,32% terhadap 8 orang siswa dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 90,64% terhadap 30 orang siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa model latihan passing dan shooting futsal melalui media mobile learning untuk peserta ekstrakurikuler futsal SMA BSS Malang sangat menarik dan bermanfaat untuk digunakan sebagai variasi latihan.

Selanjutnya produk pengembangan bisa disosialisasikan kepada pihak-pihak yang terkait. Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja.