SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Kecepatan Reaksi Terhadap Kemampuan Penyelamatan Penjaga Gawang di Universitas Negeri Malang

muhammad Januari Dwi saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Muhammad Januari Dwi. 2015. Pengaruh Latihan Kecepatan Reaksi Terhadap Kemampuan Penyelamatan Penjaga Gawang di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr Eko Hariyanto, M.Pd (II) Dra Sri Purnami, M.Pd

 

Kata Kunci: eksperimen, reaksi, kemampuan penyelamatan

Sepakbola adalah suatupermainan dengan bola yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regunya terdiri dari sebelas orang termasuk seorang penjaga gawang.  Berdasarkan observasi dan pengamatan dari kegiatan turnamen antar fakultas (Anfak) yang diadakan  di Universitas Negeri Malang, penjaga gawang sering melakukan kesalahan, seperti sering lepas dalam menagkap bola, salah posisi, sehingga memudahkan penyerang untuk mencetak gol ke gawang. Dan dibuktikan dari hasil pretes yang peneliti lakukan yaitu 29,6% poin yang diperoleh penjaga gawang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyelamatan penjaga gawang dan ketrampilan dasar kurang di miliki oleh penjaga gawang di Universitas Negeri Malang.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan kecepatan reaksi terhadap kemampuan penyelamatan penjaga gawang di Universitas Negeri Malang.

Rancangan penelitian ini adalah The One Group Pretest-posttest Design, yaitu desain yang terdapat pre-testsebelum diberi perlakuan dan pos-test setelah diberikan perlakuan, dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berjumlah 10 mahasiswa.

Dari hasil uji-t sebesar thitung= 6,975 > t tabel = 2,262 sehingga Ho ditolak. Perolehan tersebut merunjuk dari kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara tes awal dan akhir kemampuan penyelamatan penjaga gawang hasil latihan kecepatan reaksi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka latihan kecepatan reaksi dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan penyelamatan penjaga gawang, sehingga latihan kecepatan reaksi dapat memberikan pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan kecepatan reaksi penjaga gawang mahasiswa di Universitas Negeri Malang.