SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR LAPANGAN ATLETIK DAN START BLOCK DALAM PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 8 MALANG

Irwan Alana

Abstrak


ABSTRAK

 

Alana, Irwan. 2015. Pengembangan Media PembelajaranMiniaturLapanganAtletikdan Start Block DalamPembelajaranLarijarak Pendek UntukPesertaDidikKelasVII di SMPNegeri 8 Malang. Skripsi, JurusanPendidikanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. SitiNurrochmah,  M.Kes, (II) Drs. AgusTomi, M.Pd.

Kata Kunci: Media Pembelajaran “Miniatur lapangan atletik dan start block” Pembelajaran lari jarak pendek.

Hasil observasi awal dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, materi lari dalam atletik peserta didik banyak yang bersikap pasif, karena proses pembelajaran yang dilakukan pendidik bersifat monoton dan kurang menarik, sehingga berdampak hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Oleh karena itu, telah dilakukan penelitian tentang “Pengembangan Media Pembelaja-ran MiniaturLapanganAtletikdanStart Block DalamPembelajaranLarijarak Pendek untukPesertaDidikKelasVII di SMPNegeri 8 Malang”.

Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran miniatur lapangan atletik dan start block dalam pembelajaran lari jarak pendek untuk peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Malang.

Penelitian dan pengembangan menggunakan model prosedural, yaitu model yang menggariskan langkah-langkah untuk mengahsilkan produk. Peneli-tian menggunakan 9 langkah dari 10 langkah yaitu analisis kebutuhan, pembuatan produk, evaluasi ahli, revisi produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk, produk ahhir. Subjek coba yang terlibat meliputi peserta didik kelas VII SMPN 8 Malang dan subjek ahliterdiri dari ahli media, ahli pembelajaran, ahli pembelajaran pendidikan jasmani, ahli pembelajaran atle-tik dan ahli atletik. Subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 12 peserta didik dan  uji coba kelompok besar 30 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggu-nakan instrumen nontes  berupa kuesioner dan wawancara. Jenis data yang diper-oleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif bentuk presentase.

Hasil penelitian dan pengembangan pada tahap uji ahli media diperoleh hasil 87,5%, ahli pembelajaran diperoleh hasil 91%, ahli pembelajaran pendidikan jasmani diperoleh hasil 80%, ahli pembelajaran atletik diperoleh hasil 81%, ahli atletik diperoleh hasil 84%. Uji coba kecil diperoleh hasil 80,7% dan uji coba kelompok besar diperoleh hasil 89%.

Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan dari uji ahli, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar, terhadap produk disimpulkan bahwa produk hasil penelitian dan pengembangan berupa miniatur lapangan atletik dan start block dinyatakan layak digunakan.

Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran miniaturlapanganatletikdanstart blockdisarankan agar dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dalam pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek agar pembelajaran lari jarak pendek agar dapat berjalan secara maksimal.