SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk e-book Materi NAPZA untuk Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang.

Diyah Mutmainah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mutmainah, Diyah. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk e-book Materi NAPZA untuk Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, e-book, NAPZA.

Materi NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya) di dalam kurikulum pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dibelajarkan di sekolah pada setiap semester. Namun, di dalam pelaksanaan pembelajaran materi NAPZA di sekolah kurang maksimal, karena kurangnya minat belajar dari peserta didik saat menerima materi NAPZA. Yang menyebabkan timbulnya kondisi tersebut adalah penyajian materi tidak menggunakan media yang tepat, sehingga peserta didik tidak tertarik dengan pelaksanaan pembelajaran NAPZA. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan tentang media pembelajaran bentuk        e-book materi NAPZA untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Malang.  

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah  mengembangkan media pembelajaran bentuk e-book materi NAPZA untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Malang.

Model yang digunakan dalam penelitian ini berupa model prosedural dan langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini menggunakan 7 langkah. Subjek penelitian meliputi (1) subjek ahli yaitu ahli media, ahli pembelajaran dan ahli kesehatan (2) subjek coba yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Jenis data penelitian dan pengembangan berupa data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan instrumen yang digunakan berupa wawancara dan angket. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Hasil analisis data evaluasi produk dari ahli media diperoleh hasil 75% termasuk kriteria cukup valid, ahli pembelajaran diperoleh 95% kriteria sangat valid, ahli kesehatan I diperoleh 75% cukup valid, ahli kesehatan II diperoleh 79% kriteria cukup valid. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh 83% kriteria cukup valid, dan dari hasil uji coba kelompok besar diperoleh 87% sangat valid.

Kesimpulan hasil evaluasi ahli terhadap produk media pembelajaran bentuk e-book materi NAPZA untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Malang menyatakan bahwa produk e-book valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran materi NAPZA. Uji coba kelompok besar disimpulkan bahwa media pembelajaran bentuk e-book sangat valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran materi NAPZA. Produk e-book berisi materi tentang NAPZA, dikerjakan menggunakan power point 2010, dilengkapi dengan teks, musik, animasi, gambar, video, latihan soal dan produk akhir dikemas dalam bentuk compact disc (CD).  Disarankan produk e-book materi NAPZA dikembangkan lagi supaya lebih menarik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.