SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan pedoman permainan kasti berbasis electronic book pada siswa kelas VII

dwie purna novidianta, DWIE PURNA NOVIDIAANTA

Abstrak


ABSTRAK

 

Novidianta, Dwie Purna. 2015. Pengembangan Pedoman Permainan Kasti Berbasis Electronic Book untuk Siswa Kelas VII. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)  Drs. Heru Widijoto M.S ,(II) Dr. Eko Hariyanto.M.Pd.

Kata kunci : pedoman, permainan kasti, electronic book

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan sarana untuk mengembangkan aspek fisik, keterampilan serta pembentukan watak yang ada di sekolah. Data kebutuhan awal diperoleh temuan 1) sejumlah 48% siswa menyatakan tidak mengerti tentang konsep peraturan permainan kasti, 2) sejumlah 27% siswa menyatakan pernah mempelajari kasti namun hanya teknik dasar, 3) sejumlah 16% siswa menyatakan pernah bermain kasti namun  tidak mengerti cara bermain, 4) sejumlah 9% siswa pernah bermain kasti dan mengerti permainan kasti. Badan Pusat Statiskan menyatakan bahwa minat baca masyarakat rendah dibanding mendengar dan melihat, maka dibutuhkan suatu media yang dapat memecahkan masalah yang muncul. Media yang dapat memuat teks, gambar, suara dan video dengan tampilan yang menarik dan memudahkan siswa untuk memperoleh informasi dengan cepat. Salah satu media tersebut ialah electronic book, electronic book dipilih karena berisikan teks, gambar, suara dan video yang dapat diopersionalkan dengan mudah, dapat digandakan dengan mudah karena file berkapasitas kecil,  dapat mencari materi yang akan dipelajari dengan cepat tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Tujuan  penelitian dan pengembangan ini adalah menambah pemahaman konsep tentang permainan kasti di kelas VII dalam bentuk electronic book. Dibuat menggunakan microsoft powerpoint yang berisikan (1) sejarah permainan kasti, (2) bentuk dan ukuran lapangan, (3) alat-alat yang digunakan, (4) waktu permainan, (5) jumlah pemain, dan (6) peraturan permainan. Yang disertai dengan penjelasan, gambar-gambar, suara, musik  dan video yang mendukung materi.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah-langkah yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah kemudian disederhanakan oleh Wayan Ardhana menjadi tujuh langkah. Pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi.

Hasil uji coba kelompok kecil pada 12 siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang menyatakan 81,25% pengembangan pedoman permainan ini cukup valid dengan arti dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil uji coba kelompok besar yaitu 32 siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang menyatakan 87,02% pengembangan pedoman permainan ini sangat valid yang berarti dapat digunakan tanpa revisi dalam pembelajaran pemahaman konsep permainan kasti bagi siswa.

Saran-saran yang diajukan berdasarkan kajian produk ini meliputi saran pemanfaatan dan saran pengembangan lebih lanjut. Saran pemanfaatan yang diajukan yaitu hendaknya produk berupa pedoman permainan ini disesuaikan dengan keadaan sekolah. Saran diseminasi sebelum disebarluaskan butuh dievaluasi kembali. Sasaran pengembangan lebih lanjut tidak terpaku hanya satu cabang olahraga saja.