SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan permainan “dribble and touching to win” pada siswa ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 10 Blitar”

Novi Kartika Sari Febrianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Febrianto, Novi K.S. 2015. Pengembangan permainan “dribble and touching to win” pada siswa ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 10 Blitar”.Skripsi, JurusanPendidikanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Usman Wahyudi, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Permainan “Dribble and Touching to Win”, LatihanDribbleBolabasket.

Latihandribble di SMP Negeri 10 Blitar, hasil Observasi awal dari 3 teknik dasar yaitu passing, dribble, dan shooting siswa banyak mengalami kesalahan dalam melakukan teknik dribble. Untuk penyebaran angket siswa kebanyakan siswa menyatakan bahwa mengalami kesulitan dalam teknik dribble serta materi latihan dribble yang kurang menarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam latihan teknik dribble. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian dan pengembangan tentang model latihan dalam bentuk permainan. Sehubungan dengan hal tersebut telah dilakukan penelitian dan pengembangan tentang permainan dribble and touching to win pada siswa ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 10 Blitar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan dribble and touching to win yang berisi 6 permainan latihan dribble. Diharapkan, pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam latihan dribble untuk mengatasi kesulitan siswa dalam berlatih dribble.

Model penelitian ini menggunakan model pengembangan yang konseptual yang artinya bersifat analistis yang memberikan komponen-komponen produk yang akan dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan berupa observasi, wawancara dan kuisioner. Subjek penelitian terdiri dari subjek ahli meliputi ahli permainan bolabasket 1 orang, ahli permainan 1 orang, dan ahli media 1 orang. Subjek ujicoba berupa siswa ekstrakurikuler bolabasket berjumlah 30 siswa. Jenis data yang diperoleh termasuk jenis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penilaian terhadap permainan dribble and touching to win ahli permainan bolabasket diperoleh persentase 74,16%, ahli permainan diperoleh hasil 76,25% dan ahli media diperoleh hasil 78,49%. Hasilpersentaseujicobakelompokkecilyang berjulah 10 siswa adalah88,91%danhasilpersentaseujicobakelompokbesar yang berjumlah 20 siswaadalah 89,08%. Dari hasil persentase tersebut menyatakan bahwa produkpengembangan valid, praktisdantepatsasaranuntukdigunakanpadasiswaekstrakurikulerbolabasket SMP Negeri 10 Blitardalamlatihandribble bolabasket.

Kesimpulan hasil produk pengembangan permainan “dribble and touching to win” pada ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 10 Blitar dapat digunakan untuk latihan dribble bolabasket.Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan ini.