SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengembangan Model Latihan Pukulan Flip Untuk Atlet Tenis Meja Usia 12 Tahun ke Bawah di Persatuan Tenis Meja (PTM) Gajayana Kota Malang

Jenny Karlinda Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Jenny K. 2015. Pengembangan Model Latihan Pukulan Flip Untuk Atlet Tenis Meja Usia 12 Tahun ke Bawah di Persatuan Tenis Meja (PTM) Gajayana Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Purnami, M.Pd, (II) Dr. Imam Hariadi, M.Kes.

Kata Kunci: model latihan, tenis meja, pukulan flip.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti kepada pelatih dan atlet pada tanggal 13 Februari 2015 di PTM Gajayana Kota Malang, diperoleh data dari hasil wawancara dengan pelatih tenis meja di PTM Gajayana sebagai berikut: 1)  model latihan yang digunakan di PTM Gajayana Kota Malang dalam melatih pukulan flip hanya memberikan latihan Multiball dan Shadow. 2) kendala yang dialami pelatih yaitu atlet kurang memahami yang diajarkan pelatih. 3) tidak pernah memberikan model latihan pukulan flip dengan menggunakan alat bantu. 4) pelatih membutuhkan model latihan yang baru dan bervariasi untuk membantu dalam melatih pukulan flip. 5) pelatih setuju dan memerlukan alat bantu untuk melatih pukulan flip sehingga mempermudah proses latihan.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah membuat model latihan pukulan flip untuk atlet tenis meja usia 12 tahun ke bawah di PTM Gajayana Kota Malang serta menambah variasi latihan agar dapat mempermudah proses latihan sehingga berjalan dengan lancar.

Penelitian yang dilaksanakan di PTM Gajayana Kota Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata persentase 87,79% dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata persentase 88,86%. Adapun spesifikasi produk yang dikembangkan oleh peneliti adalah berupa alat bantu latihan pukulan flip menggunakan bola tenis meja dengan spesifikasi 2 tiang net tenis meja, 2 bola tenis meja, elastic ukuran ½ inchi dengan panjang awal 125cm yang ditarik menjadi 150cm dengan ketegangan elastic sebesar 0,0005 X 106 N/m2  dan kelenturan elastic sebesar 2,5 X 103 N/m2. Terdapat 6 model latihan pukulan flip yaitu model latihan I memukul bola tanpa menggunakan bet pada area kanan meja, model latihan II memukul bola tanpa menggunakan bet pada area kiri meja, model latihan III memukul bola tanpa menggunakan bet pada area kanan dan kiri meja, model latihan IV memukul bola menggunakan bet pada area kanan meja, model latihan V memukul bola menggunakan bet pada area kiri meja, dan model latihan VI memukul bola menggunakan bet pada area kanan dan kiri meja. Produk pengembangan ini dikemas dalam bentuk buku panduan dengan ukuran kertas A5.

Diharapkan hasil pengembangan model latihan pukulan flip dengan menggunakan bola tenis meja yang dimodifikasi ini dapat diuji cobakan pada kelompok yang lebih luas sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu, diharapkan ada penelitian selanjutnya, untuk menguji tingkat efektifitas produk yang dikembangkan.