SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Service Atas Permainan Bolavoli Pada Peserta Ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Kab. Nganjuk

dany indra gunawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Permainan bolavoli adalah olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri dari enam orang pemain. teknik dasar bermain bolavoli dapat dibagi menjadi empat komponen yaitu teknik service,passing, smash, dan block. Teknik servicedalam permainan bolavolidigunakan untuk memulai suatu pertandingan. Tetapi berdasarkan hasil pengamatan pada peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Kab. Nganjuk, latihan service merupakan kebutuhan sampingan yang hanya disisipkan dalam berlatih dan dalam berlatih mengutamakan passing,smash dan block. Sehingga hasil analisis kebutuhan yang dipereloh yaitu diketahui 32 orang (89%) menyatakan kurang bervariasi dalam pelatihan service atas 4 orang (11%) belum bervariasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan service atas permainan bolavoli pada peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Kab. Nganjuk.

Model yang digunakan dalam penelitian ini berupa model prosedural dengan langkah-langkah pengembangan merujuk pendapat borg and gall. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis produk awal dengan mengumpulkan informasi dan kajian pustaka, perencanaan produk, pengembangan produk awal, uji coba kelompok kecil, melakukan revisi para ahli, uji coba kelompok besar dan revisi akhir, sehingga akan diperoleh produk akhir yang diinginkan.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh hasil penelitian melalui hasil produk model latihan service atas permainan bolavoli yaitu hasil justifikasi ahli media 82% keterangan cukup valid, ahli kepelatihan permainan bolavoli 91% keterangan sangat valid, hasil uji coba kelompok kecil 92,18% keterangan sangat valid, hasil uji coba kelompok besar 92,31% keterangan sangat valid. Hasil produk penelitian ini yaitu: (1) Model latihan service bola gantung menggunakan bola voli, (2) Latihan service atas dengan mengarahkan bola pada tembok, (3)Latihan service atas dengan jarak 6 meter dari garis tengah lapangan dengan berpasangan, (4) Latihan service atas dari daerah service ke arah daerah A dan B, (5) Latihan service atas dari daerah service dengan arah menyilang, (6) Latihan ketepatan service atas dengan sasaran berurutan, (7) Latihan service atas berkelompok dengan pergerakan maju dan mundur susuai sasaran, (8)Latihan service atas mengarahkan kesasaran untuk usaha saling menyerang kemudian dikemas dalam bentuk buku saku dengan menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti sehingga pelatih dan atlet esktrakurikuler SMA Negeri 2 Kab. Nganjuk dengan mudah dalam memahami model latihan service atas permainan bolavoli.

Kesimpulan hasil penelitian bahwa model latihan service atas permainan bolavoli valid dan praktis digunakan pada peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Kab. Ngajuk. Saran penelitian adalah produk model latihan service atas permainan bolavoli ini dapat dijadikan salah satu alternatif latihan permainan bolavoli, latihan lebih bervariasi dan latihan lebih menarik.