SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR DENGAN MENGGUNAKAN PENERAPAN VARIASI PERMAINAN BAGI SISWA KELAS V DI SDN KEPUHREJO 01 KABUPATEN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD SAIFUL AMRI

Abstrak


ABSTRAK

 

Amri, Muhammad Saiful. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lempar dengan Menggunakan Penerapan Variasi Permainan Bagi Siswa Kelas V di SDN Kepuhrejo 01 Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Agus Tomi, M.Pd, (2) Drs. Supriatna, M.Pd.

Kata Kunci:Pengembangan, pembelajaran, gerak dasar lempar, permainan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gerak dasar lempar dengan menggunakan penerapan variasi permainan bagi siswa kelas V di SDN Kepuhrejo 01 Kabupaten Tulungagung yang dikemas ke dalam sebuah buku panduan.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan melalui pengisian angket yang diisi oleh 32 siswa kelas V di SDN Kepuhrejo 01 Kabupaten Tulungagung, diperoleh data serta 23 atau (71,87%) siswa menyatakan jika pembelajaran gerak dasar lempar paling sulit untuk dipelajari, 32 atau (100%) siswa membutuhkan permainan yang sesuai dengan pembelajaran gerak dasar lempar, menyatakan tertarik jika pembelajaran gerak dasar lempar disajikan dalam bentuk variasi permainan, dan setuju jika pembelajaran gerak dasar lempar disajikan dalam bentuk variasi permainan.

Metode Penelitian ini merujuk pada metode penelitan research and development Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah. Berdasarkan sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall, peneliti tidak memakai keseluruhan tetapi hanya memakai 8 langkah dari pengembangan Borg & Gall yang disesuaikan dengan keterbatasan peneliti serta karakteristik yang akan diteliti.

Dari evaluasi ahli permainan diperoleh hasil75%, dari evaluasi ahli pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diperoleh hasil76,87%, dan dari evaluasi ahli media diperoleh hasil71,43% sehingga produk ini perlu direvisisebelum berlanjut ke uji coba kelompok kecil. Pada uji coba kelompk kecil diperoleh hasil 78,56% sehingga produk ini perlu direvisi sebelum berlanjut ke uji coba kelompok besar,pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil persentase 82,83% sehingga dapat disimpulkan jika produk ini sudah layak untuk digunakan oleh siswa kelas V di SDN Kepuhrejo 01 Kabupaten Tulungagung.

Dengan adanya pengembangan model pembelajaran gerak dasar lempar menggunakan penerapan variasi permainan ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi gerak dasar lempar yang lebih menarik serta meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran gerak dasar lempar yang dilaksanakan di SDN Kepuhrejo 01 Kabupaten Tulungagung.