SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Passing Atas Permainan Bolavoli Menggunakan Media Audio Visual Pada Peserta UABV di Universitas Negeri Malang

ANDAYU WIDYANI PUJI KUNTARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Kuntari, Andayu Widyani Puji. 2015. Pengembangan Variasi Passing Atas Permainan Bolavoli Menggunakan Media Audio Visual Pada Peserta UABV di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi, M.Pd (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

Kata kunci: pengembangan, variasi, passing atas

Permainan bolavoli adalah olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu, masing-masing regu terdiri dari enam pemain. Permainan ini menggabungkan unsur dari kemampuan teknik pada setiap individu untuk menghasilkan kelancaran dalam bermain bolavoli. Berdasarkan hasil observasi selama latihan, materi passing atas permaian bolavoli kurang banyak bervariasi, sehingga minat peserta untuk melakukan latihan passing atas kurang maksimal dan tidak banyak dari peserta melakukan latihan passing atas permainan bolavoli.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangakan variasi latihan passing atas permainan bolavoli yang lebih bervariatif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat, semangat berlatih untuk meningkatkan keterampilan passing atas permainan bolavoli pada peserta UABV Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti hanya menggunakan 7 langkah saja. (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisi data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner, (8) produk dikemas dalam media audio visual.

Berdasarkan dari hasil analisis validasi ahli permainan bolavoli diperoleh hasil 70,6%, ahli kepelatihan permainan bolavoli diperoleh hasil 89,3% dan ahli media diperoleh hasil 77% maka produk pengembangan layak digunakan sebagai media latihan pada peserta UABVUniversitas Negeri Malang. Dari hasil uji coba kelompok (kelompok kecil) diperoleh persentase sebesar 85,8% dan pada uji lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase sebesar 81,5% sehingga produk pengembangan dapat digunakan.

Hasil produk pengembangan variasi latihan passing atas permainan bolavoli pada peserta UABV di Universitas Negeri Malang antara lain: (1) variasi latihan dikemas dalam bentuk audio visual sesuai dengan peserta UABV Universitas Negeri Malang, (2) tampilan variasi latihan dalam audio visual disertai dengan petunjuk pelaksanaan latihan sehingga mempermudah peserta untuk memahami variasi latihan tersebut.