SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN PASSING ATAS DAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK NEGERI 2 MALANG

WIMMA ALMIRA NINGRUM

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningrum, Wimma Almira. 2015. Pengembangan Variasi Latihan Passing Atas dan Passing Bawah Permainan Bolavoli Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Purnami, M. Pd, (II) Febrita P. Heynoek, S.Pd., M. Pd

Kata Kunci:  Pengembangan, Latihan, Permainan Bolavoli, Passing Atas, Passing Bawah

Passing merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bolavoli. Penguasaan passing yang baik merupakan modal utama dalam permainan bolavoli. Untuk itu, diperlukan variasi-variasi latihan passing atas dan        passing bawah yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing dalam permainan bolavoli. Berdasarkan hasil observasi, pemberian variasi latihan passing masih kurang bervariasi. Sehingga, minat dari peserta ekstrakurikuler untuk menguasai teknik dasar passing masih kurang maksimal.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan variasan latihan passing bawah dan passing atas permainan bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Malang, sehingga peserta ekstrakurikuler dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar dan menguasai variasi teknik passing atas dan passing  bawah dalam permainan bolavoli dengan baik dan benar.

Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan variasi latihan passing atas dan passing bawah permainan bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Malang menggunakan model penelitian dan pengembangan Research and Development dari Borg and Gall (1989) yang telah dimodifikasi yaitu hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskiptif dengan persentase. Pada uji coba (kelompok kecil) menggunakan subjek penelitian sebanyak 8 peserta ekstrakurikuler dan pada uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan subjek penelitian sebanyak 30 peserta ekstrakurikuler permainan bolavoli di SMK Negeri 2 Malang.

Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah adanya beberapa variasi model latihan passing atas dan passing bawah permainan bolavoli yang dikemas dalam media buku, dalam setiap variasi memiliki tingkat kesulitan dari tahap mudah ketahap yang sulit dan telah dianalisis validasi ahli permainan bolavoli dengan hasil 84,4%, ahli media 82,01% serta dari hasil uji coba kelompok kecil 80,3% dan uji coba kelompok besar 84%, maka produk pengembangan layak digukan sebagai media latihan pada peserta ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Malang.

Produk berupa buku panduan tentang variasi latihan passing atas dan passing bawah permainan bolavoli ini ditujukan untuk peserta ekstrakurikuler SMK Negeri 2 Malang, yang telah divalidasi oleh beberapa ahli sebelum diberikan kepada peserta ekstrakurikuler. Dalam penerapannya pelatih sebaiknya menggunakan variasi ini dengan mengembangkan level yang lebih kreatif, inovatif dan melakukan evaluasi terhadap proses latihanya.