SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Saku Permainan Futsal Untuk Peserta Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 4 Malang

KHARISMA YANUAR TIRTA

Abstrak


ABSTRAK

 

Tirta, Kharisma Yanuar. 2014. Pengembangan Buku Saku Permainan Futsal untuk Peserta Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Supriatna, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M,Pd

Kata kunci: pengembangan, buku saku, futsal

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani dan peserta ekstrakulikuler pada tanggal 18-20 Juni 2013, bahwa intensitas latihan futsal hanya satu kali dalam seminggu dengan jumlah peserta yang cukup banyak, yaitu 25 siswa, sehingga pelatih merasa kekurangan waktu untuk melatih tim futsal secara maksimal. Selain itu, pelatih juga membutuhkan buku panduan yang dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri sebelum latihan, namun di SMA Negeri 4 Malang belum ada buku panduan mengenai futsal yang dapat digunakan.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan buku saku futsal untuk peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Malang. Diharapkan, pengembangan ini dapat membantu siswa untuk lebih memahami sarana dan prasara yang dibutuhkan, peraturan-peraturan, serta teknik-teknik dalam bermain futsal. Selain itu buku saku yang akan dikembangkan juga dilengkapi dengan sejarah permainan futsal yang dapat menambah wawasan siswa. Diharapkan dengan adanya buku saku futsal ini siswa yang tergabung dalam tim futsal SMA Negeri 4 Malang dapat lebih berprestasi dengan menjuarai event-event yang diadakan di sekolah, di Kota Malang, bahkan menjadi juara tingkat Nasional.

Penelitian yang dilaksanakan di SMA 4 Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Dari validasi satu ahli permainan futsal diperoleh hasil 75,0%, cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil, dari validasi satu ahli media diperoleh hasil 73,96%, cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 86,67%, sangat valid dan dapat diuji cobakan, serta dari hasil uji coba lapangan (kelompok besar) diperoleh hasil 87,83%, sangat valid dan dapat digunakan.

Revisi terhadap produk yang dikembangkan berdasarkan dari saran para ahli adalah sebagai berikut: (1) Nama pembimbing (skripsi) tidak dicantumkan pada cover depan, (2) Buku saku ditujukan untuk siswa ekstrakulikuler dicantumkan di cover depan, (3) Materi di ganti menggunakan font times news roman.