SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan TeknikDasar Passing, Dribbling, Dan Control DalamPermainanSepakbolaUntukUsia 12-14 Tahun Di SekolahSepakbola (SSB) Purbaya Kota Madiun

DANENDRA ARFIANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Arfianto, Danendra. 2015.”Pengembangan Variasi Latihan Teknik Dasar Passing, Dribbling, Dan Control Dalam Permainan Sepakbola Untuk Usia 12-14 Tahun Di SekolahSepakbola (SSB) Purbaya Kota Madiun”Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dr.EkoHariyanto, M. Pd (II) FahrialAmiq, S. Or, M. Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, variasilatihan, sepakbola, passing, dribbling dancontrol

 

Permainan sepakbola adalah permainan yang sederhana, banyak orang beranggapan bahwa bisa menendang dan menggiring bola berarti bisa bermain sepakbola.Berdasarkan dari hasil observasi yang telah dilakukan diSekolah Sepakbola (SSB)Purbaya Kota Madiun, pada materi mengumpan, menggiring dan menghentikan bola, peneliti menemukan masalah yaitu pada saat siswa melaksanakan proses belajar mengumpan, menggiring dan menghentikan bola terlihat kurang efektif dan mengalami kekurangan dalam pelaksanaannya.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan variasi latihan teknik dasar passing, dribbling dan control dalam permainan sepakbola melalui media video, agar dalam latihan sepakbola siswalebih bervariasi.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall yaitu: (1) Melakukan analisis kebutuhan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Validasi ahli, (4) Uji coba kelompok kecil, (5) Revisi produk, (6) Uji coba kelompok besar, (7) Revisi produk akhir, (8) Revisi produk akhir atau yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (9) Produk akhir, setelah semua langkah dilaksanakan, jadilah produk akhir berupa variasi latihan teknik dasar passing, dribbling dan control dalam permainan sepak bola untuk usia 12-14 tahun di sekolah sepakbola (SSB) Purbaya Kota Madiun, (10) Ujiefektivitas, menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu dengan melakukan pretest atau tes awal kemudian diberi perlakuan selama 8 pertemuan kemudian melakukan post test atau tes akhir.

Dari evaluasi ahli kepelatihan sepakbola mendapatkan hasil 77,78% maka produk pengembangan ini baik dan dapat digunakan sebagai media latihan. Dari evaluasi pelatih sepakbola mendapatkan hasil 78,70% maka produk pengembangan ini baik dan dapat digunakan sebagai media latihan. Dari evaluasi ahli media mendapatkan hasil 80,37% maka produk pengembangan ini baik dan dapat digunakan sebagai media latihan. Dari uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 80,37%, sehingga pengembangan ini dapat diuji cobakan kelompok besar. Dari  uji coba kelompok besar mendapat kanhasil 85,85%, sehinggaprodukpengembanganpenelitianinidapatdigunakansebagaimedia latihanbagiSekolahSepakbola (SSB) Purbaya Kota Madiun.

Setelahdilakukanpenelitiandapatdisimpulkanbahwaprodukpengembanganvariasilatihanteknikdasarpassing, dribblingdancontroldalampermainansepakbolauntukusia 12-14 tahun di SekolahSepakbola (SSB) Purbaya Kota Madiundapatdigunakansebagai media belajarmandiridandapat mempermudah siswa, serta dapat membantu siswa memvisualisasikangerakanlatihanteknikdasarpassing, dribblingdancontrol.