SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Konsentrasi Tetrametilamonium Hidroksida terhadap Karakter Nanopartikel Magnetit Hasil Sintesis dan Pelapisan secara Elektrokimia

Nita Dwi Syoviana

Abstrak


ABSTRAK

 

Syoviana, Nita Dwi. 2015. Pengaruh Konsentrasi Tetrametilamonium Hidroksida terhadap Karakter Nanopartikel Magnetit (Fe3O4) Hasil Sintesis dan Pelapisan secara Elektrokimia. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fauziatul Fajaroh, M.S., (II) Dr. H. Sutrisno, M.Si.

 

Kata-kata kunci: magnetit, pelapisan, TMAH, modifikasi permukaan

Aplikasi nanopartikel magnetit dalam bidang lingkungan terus dikembangkan, di antaranya untuk pemisahan anion ataupun ion logam dalam pengolahan air limbah. Aplikasi tersebut membutuhkan magnetit dengan luas permukaan yang besar. Oleh sebab itu, untuk memperoleh magnetit dengan luas permukaan yang besar, perlu dilakukan modifikasi pada permukaannya dengan cara pelapisan nanopartikel magnetit dengan tetrametilamonium hidroksida (TMAH). Pelapisan tersebut dapat dilakukan dengan metode elektrokimia secara in-situ. Lapisan TMAH dapat mencegah agregasi partikel sehingga dapat diperoleh partikel dengan luas permukaan yang lebih besar. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk (1) melapisi nanopartikel magnetit dengan TMAH secara in-situ melalui metode elektrokimia, dan (2) mengetahui pengaruh konsentrasi TMAH terhadap luas permukaan partikel.

Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) preparasi besi dari larutan besi(II) sulfat dengan teknik elektrolisis, (2) sintesis dan pelapisan nanopartikel magnetit oleh TMAH pada berbagai konsentrasi, dan (3) karakterisasi hasil sintesis meliputi identifikasi kristalinitas dengan X-Ray Diffraction (XRD), identifikasi gugus fungsi dari molekul pelapis dengan IR, identifikasi luas permukaan partikel dengan Brunauer Emmet Teller (BET), deskripsi morfologi dan distribusi ukuran partikel dengan Scanning Electron Microscopy (SEM).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nanopartikel magnetit dapat terlapisi oleh TMAH, dan (2) konsentrasi TMAH berpengaruh terhadap luas permukaan nanopartikel magnetit. Luas permukaan nanopartikel magnetit cenderung meningkat dengan makin tingginya konsentrasi TMAH yang digunakan.