SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Motif dan Ide Penciptaan Motif Batik Jember Produksi Rumah BAtik Rolla

Mohammad Irfani Assyiddiqi

Abstrak


ABSTRAK

 

Assyiddiqi, Mohammad Irfani. 2015. Studi Visual tentang Motif dan Ide  Penciptan Motif Batik Jember Produksi Rumah Batik Rolla. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Lilik Indrawati, M.Pd, (II) Ike Ratnawati, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Motif, Batik, Ide penciptaan

Rumah Batik Rolla yang didirikan oleh Iriane Chairini Megahwati merupakan salah satu industri rumahan di Jember,desain motif nya unik dan bernuansa baru yang terkait dengan keunikan dan ciri khas dari Kabupaten Jember. Terdapat 9 motif batik yang paling banyak diminati oleh konsumen. Terdapat masyarakat Madura dan Jawa yang diduga memberi pengaruh terciptanya motif batik. Konservasi untuk desain batik ini sangat diperlukan untuk mengkaji hasil budaya batik, khususnya di Jember. Hasilnya diharapkan bermanfaat untuk memberikan kontribusi pengetahun tentang ragam motif batik Indonesia, sehingga tujuan dari penelitian ini adalahmengidentifikasi visualisasi motif batik dan ide penciptaan motif “Batik Jember”dari Rumah Batik Rolla.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Tahap analisis data dimulai dari tahap reduksi data, paparan data dan penarikan simpulan. Kemudian dilakukan trianggulasi sumber datauntuk menjaga keabsahan data.

Hasil penelitian ialah, berdasarkan dari visualisasi motifnya ditemukan golongan motif hias yaitu tumbuh-tumbuhan, mahluk imajinatif, alam benda, sosok manusia dan pemandangan. Motif pada rumah industri batik tersebut memiliki motif yang lengkap dengan ornamen motif dan isen-isen motif yang menggunakan warna cerah dan kontras. Pada ornamen motif terdapat ornamen utama dan ornamen tambahanberdasarkan inspirasi dari lingkungan alam sekitar. Ide penciptaan motif tersinspirasi dari kondisi alam dan sekitarnya. Latar belakang munculnya motif yaitu: (1) keinginan desainer untuk memperkenalkan ikon daerah asalnya, (2)keinginan menambah ragam motif yang dimiliki, (3) keinginan memberipesan kepada masyarakat lewat motif yang diciptakan, (4) pengaruh budaya masyarakat yang dimiliki oleh daerahnya dan(5)pengaruh kondisi alam Kabupaten Jember.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pemilik rumah industri batik “Rumah Batik Rolla” agar mendokumentasikan setiap karya yang dibuat dan mengembangkan ragam motif tentang potensi yang dimiliki Kabupaten Jember. Sedangkan untuk peneliti lain disarankan untuk menggali informasi lainnya yang belum ditemukan dari penelitian ini. Manfaat bagi pelajar dan masyarakatumum penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber informasi dan referensi mengenai motif batik yang ada di Kabupaten Jember.