SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Kelincahan Dalam Keterampilan Dribbling Bola Untuk Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di SMK Negeri 6 Malang

Aulia Rahman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahman,Aulia. 2015. Pengembangan Model Latihan Kelincahan Dalam Keterampilan Dribbling Bola Untuk Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di SMK Negeri 6 Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dr.Hariyoko, M.Pd.(2)FahrialAmiq, S.Or, M.Pd.

 

Kata Kunci: penelitian dan pengembangan,latihan sepakbola, kelincahan,

Sepakbola merupakan suatu cabang olahraga beregu yang berangotakan 11 pemain termasuk 1 orang sebagai kiper. Teknik dasar sepakbola harus dikuasai oleh pemain sepakbola, selain teknik dasar sepakbola tersebut, banyak aspek atau unsur yang harus dikembangkan dalam permainan sepakbola,salah satu unsur yang harus dilatih adalah kelincahan.Akan tetapi, kelincahan ini kurang mendapatkan perhatian dalam latihan.Di ekstrakurikuler SMK Negeri 6, model latihan kelincahan dalam keterampilan dribbling belum ada, hal ini diketahui oleh peneliti pada saat melaksanakan observasi dan wawancara kepada pelatih ekstrakurikuler sepakbola SMK Negeri 6.Dengan melakukan penelitian awal yang  menggunakan analisis kebutuhan peserta ekstrakurikuler dan pelatih, peneliti dapat menyimpulkan bahwa di ekstrakurikuler sepakbola SMK Negeri 6 perlu adanya pengembangan model latihan kelincahan dalam keterampilan dribbling .

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan model latihan kelincahan dalam keterampilan dribbling bola untuk peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMK Negeri 6 Malang: 1) Riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesionerkepada40siswapeserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6Malang,(2) Perencanaan pengembangan produk, (3) Pengembangan rancangan produk, (4) Persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 10 subjek, (5) Revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) Uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 30subjek, (7) Revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Hasil penelitian pengembangan ini adalahpengembangan model latihan kelincahan dalam keterampilan dribbling bola untuk peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMKN 6 Malang sebagai berikut: ahli kepelatihansepakbola memberikan hasil penilaian dengan hasil persentase makna cukup valid, dari ahli fisiksepakbola memberikan hasil penilaian dengan hasil persentase makna sangat valid, dari uji coba (kelompok kecil) siswa diperoleh persentase 78,8% (cukup valid), dan uji coba (kelompok besar) siswa diperoleh persentase 87% (sangat valid).

Pengembangan model latihankelincahandalamketerampilandribbling ini mudah dilakukan siswa serta dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan dribbling bola. Penelitian lebih lanjut perlu dikembangkan guna mengetahui tingkat efektifitas produk pengembangan model latihankelincahandalamketerampilandribbling ini.