SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Latihan Teknik dasar Futsal Menggunakan Model-Model Permainan yang Menyenangkan dalam bentuk VCD di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang

Firman Eko Santoso

Abstrak


ABSTRAK

 

Santoso, Firman. Eko. 2015. Pengembangan Latihan Teknik dasar Futsal Menggunakan Model-Model Permainan yang Menyenangkan dalam bentuk VCD di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Nengah Sudjana, S. Pd., M.Pd (II) Fahrial Amiq, S.Or., M.Pd

 

Kata Kunci: Model-model, Latihan, Teknik Dasar, Futsal

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti kepada pelatih dan peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang, latihan teknik dasar futsal yang dilakukan peserta ekstrakurikuler futsal kurang bervariasi. Pada saat kegiatan penelitian awal melalui penyebaran angket kepada peserta ekstrakurikuler, menyatakan bahwa peserta kurang tertarik pada saat melakukan latihan futsal dan belum pernah melakukan model latihan teknik dasar lainnya. Penyebaran angket terhadap 23 peserta ekstrakurikuler diperoleh hasil bahwa 95,7% peserta menyatakan latihan teknik dasar futsal yang disajikan pelatih tidak bervariasi, baik pelatih maupun peserta ekstrakurikuler setuju apabila dikembangkan model-model latihan teknik dasar futsal.Penelitian ekstrakurikuler ini bertujuan untuk mengembangkan model-model latihan teknik dasar futsal bagi peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) melakukan analisis kebutuhan dan membuat produk awal, (2) justifikasi ahli, (3) revisi produk, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar, (7) produk akhir. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase dan analisis kualitatif. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan teknik data analisis kualitatif diperoleh dari kritik dan saran para ahli.

Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah model-model latihan teknik dasar futsal untuk kegiatan ekstrakurikuler futsal. Pengembangan latihan teknik dasar futsal ini terdiri dari 7 model-model latihan teknik dasar futsal, diantaranya adalah permainan 3 vs 6, permainan dribshoot, permainan kecepatan dribbling, permainan 2:1, permainan empat gawang, permainan shooting, permainan teknik dasar dribbling shooting dan passing. Berdasarkan saran atau masukan para ahli, yang terdiri dari ahli kepelatihan futsal 75%, ahli permainan 84,3%, ahli media 75%, serta hasil uji coba kelompok kecil sebesar 78,1% dan hasil uji coba kelompok besar sebesar 86,9%.

Dalam penyebarluasan produk pengembangan ke sasaran yang lebih luas, peserta ekstrakurikuler dapat mengetahui dan memahami tentang latihan teknik dasar futsal menggunakan model-model permainan menyenangkan yang akan dipelajari dan dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan.