SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhInterval TrainingterhadapPeningkatan Daya Tahan VO2 MaxPemain Futsal Klub Kawat Duri Malang

Rizal Achmad Fatoni

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatoni, Rizal Achmad. 2014.Pengaruh Interval Training terhadap Peningkatan Daya Tahan VO2 MaxPemain Futsal Klub Kawat Duri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmanidan Kesehatan, Program Sarjana Universitas Negeri Malang, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.Pembimbing:(I) Dr. Hariyoko, M.Pd,  (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci:eksperimen, interval training,daya tahan vo2 max.

Kemampuan fisik salah satu komponen yang paling dominan dalam pencapaian prestasi olahraga.Prestasi olahraga tidak akan terlepas dari unsur-unsur taktik,  teknik dan kualitas kondisi fisik. Seorang atlet sangat membutuhkan kualitas kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, kecepatan, agilitas, dan koordinasi gerak yang baik.Aspek-aspek tersebut sangat dibutuhkan agar mampu bergerak dan bereaksi dengan baik selama pertandingan.Seorang atlet  yang  ingin maju atau tetap dapat mempertahankan prestasinya,  selain harus berlatih teknik, juga harus tetap berlatih fisik secara teratur. Dengan latihan tertentu dan teratur kemampuan fisik seorang pemain dapat meningkat, kapasitas difusi paru orang terlatih lebih baik dari pada orang tidak terlatih. Makin tinggi kemampuan fisik seseorang, makin mampu mengatasi beban kerja yang diberikan, atau dengan kata lain kemampuanproduktivitas orang tersebut makin tinggi. Yang perlu diperhatikan oleh seorang pemain, yaitu keadaan fisik dan teknik yang dikuasasi oleh pemain.Untuki tu, perlu diperhatikan mekanisme yang mendasari suatu latihan yang diberikan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan sampel penelitian yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Pada setiap kelompok terdiri dari 15 sampel yang dilakukan uji prestest dan postest.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhinterval trainingterhadappeningkatandayatahan VO2 maxpemain futsal Kawat Duri Malang.

Hasil data dari penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis varian satu jalur atau one way anova dengan taraf signifikansi 0,05. Dari uji tersebut diperoleh Fhitung  sebesar  4,8485 4,20 Ftabel. Perolehan tersebut merujuk pada hasil penelitian yang diperoleh. Kesimpulanada pengaruh signifikan antara interval training dengan latihankonvensional terhadap peningkatan daya tahan pemain.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, interval training dan latihan konvensional dapat digunakan dalam meningkatkan daya tahan pemain, namun bila dilihat dari perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan interval training memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap peningkatan daya tahan VO2 max pemain futsal Kawat Duri Malang.