SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Dribbling, Passing, Shooting Sepakbola Kelas VII Berbasis Multimedia Di SMP Negeri 18 Kota Malang

faris rama firmanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Firmanda, Faris, Rama 2015.PengembanganPembelajaranTeknikDasarDribbling, Passing, ShootingSepakbolaKelas VIIBerbasis Multimedia di SMP Negeri 18 Kota Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)I NengahSudjana,S.Pd., M.Pd(II) FahrialAmiq, S.Or.,M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembanganpembelajaran,teknik dasar sepakbola, multimedia

Pendidikan jasmani merupakan sarana bagi peserta didik untuk memperoleh pengetahuan mengenai permainan dan olahraga, tanpa adanya sebuah paksaan dan membuat peserta didik merasa gembira. Pemberian materi pendidikan jasmani dibagi dua, yaitu secara praktik dan teori. Pemberian teori dalam kegiatan pendidikan jasmani sudah harus dikembangkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan dari peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar, khususnya dalam permainan sepakbola.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran teknik dasar sepakbola dengan menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran di SMP, sehingga peserta didik tertarik dan senang dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian dan pengembangan yang merujuk pada langkah-langkah dari Borg and Gall. Langkah pengembangan dalam penelitian ini menggunakan 7 langkah.Subjek uji coba meliputi tiga orang ahli, pendidik, dan peserta didik. Jenis data yang diperolehberbentuk datakualitatifdan data kuantitatif, instrumen yang digunakan berupa angket dan kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

 

Berdasarkan hasilanalisis data yang diperolehdarihasil analisis kebutuhan, 97,5% peserta didik membutuhkan pemberian materi berupa teori yang menarik dalam materi pendidikan jasmani khususnya sepakbola. Dengan itu peneliti melakukan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan multimedia flash. Tiga orang ahli menyatakan bahwa produk dapat digunakan dengan indikator kejelasan materi, kemenarikan materi, kesesuaian materi, dan kemudahanmateri untuk dipahami. Hasil uji coba kelompok kecil 81,924%dengan indikator kejelasanmateri, kemenarikanmateri, kesesuaianmateri, dan kemudahanmateri untuk dipahami, hasilnya sangat baik dan dapat digunakan, sedangkan dari uji coba kelompok besar diperoleh hasil 77,27%dengan indikator kejelasan materi, kemenarikan materi, kesesuaian materi, dan kemudahan materi untuk dipahami artinya baik dan dapat digunakan.

Kesimpulan hasil penelitian bahwa multimedia flash dapat digunakan dalam pembelajaran teknik dasar dribbling, passing, dan shooting. Adapun saran dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia flash diharapkan dapat diuji cobakan pada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.