SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Ladder Drill terhadap Prestasi Keterampilan Dribbling Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Negeri 15 Malang

muhammad rofiqul ihsan

Abstrak


ABSTRAK

 

Ihsan, Muhammad Rofiqul. 2015. Pengaruh Latihan Ladder Drill terhadap Prestasi Keterampilan Dribbling Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Negeri 15 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyoko, M. Pd, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: latihan ladder drill, keterampilan dribbling sepakbola.

Permainan sepakbola dimainkan oleh dua tim, setiap tim terdiri dari sebelas orang pemain. Ada beberapa teknik dasar untuk bermain sepakbola, salah satu teknik dasar tersebut adalah dribbling bola. Pelaksanaan proses latihan yang dilakukan oleh siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang menunjukkan adanya masalah yaitu keterampilan dribbling bola yang kurang. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemberian variasi dalam latihan teknik dasar dribbling bola. Salah satu latihan untuk meningkatkan keterampilan dribbling bola dengan menggunakan latihan ladder drill.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan ladder driil terhadap prestasi keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah eksperimen yang dilakukan kepada siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang dengan rentang usia 13-15 tahun. Jumlah sampel 24 siswa dan dibagi dalam dua kelompok dengan teknik ordinal pairing matching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dribbling sepakbola. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) satu jalur.

Berdasarkan hasil analis data, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, latihan ladder drill memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola

(Fhitung = 10,1217 > Ftabel 4,30). Kedua, latihan konvensional tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola (Fhitung = 0,04408 < Ftabel 4,30). Ketiga, ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan ladder drill dengan latihan konvensional terhadap prestasi keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola (Fhitung = 5,9382 > Ftabel 4,30). Latihan ladder drill (mean = 25,10 dan SD = 1,99) memberikan pengaruh lebih baik terhadap prestasi keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola dari pada latihan konvensional (mean = 28,31 dan SD = 2,19).

Saran yang dapat diberikan kepada pelatih ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang, sebaiknya menggunakan latihan ladder drill sebagai bentuk latihan untuk meningkatkan prestasi keterampilan dribbling, karena perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata latihan ladder drill memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada latihan konvensional terhadap prestasi keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang.