SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan Passing Atas Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Permainan Bolavoli di SMPN 9 Malang

BE'ENG LINANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Linanto, Be’eng. 2015. Pengembangan Variasi Latihan Passing  Atas Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Permainan Bolavoli di SMPN 9 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd, (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, variasi latihan, passing  atas, bolavoli

Passing atas merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bolavoli. dalam kegiatan ekstrakurikuler permianan bolavoli di SMPN 9 Malang, passing  atas merupakan salah satu materi yang diajarkan oleh pelatih. Menurut hasil analisis kebutuhan terhadap peserta kegiatan ekstrakurikuler 40 peserta dan 1 pelatih diperoleh hasil materi passing  atas sangat sulit dikuasai peserta dan perlu diadakan pengembangan variasi latihan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk yaitu variasi latihan passing atas pada kegiatan esktrakurikuler permainan bolavoli di SMPN 9 Malang.

Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), namun penelitian ini hanya menggunakan 7 langkah. Langkah-langkah tersebut adalah: (1) analisis kebutuhan, (2) membuat produk awal yaitu, pembuatan variasi latihan passing atas permainan bolavoli dengan 14 variasi formasi latihan yang akan diberikan, (3) evaluasi ahli, (4) revisi produk, (5) uji coba produk, (6) uji lapangan, dan (7) hasil akhir. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Desain uji coba menggunakan dua tahap yaitu tahap evaluasi ahli yakni ahli permainan bolavoli, ahli kepelatihan bolavoli, ahli media dan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket.

Selama proses penelitian dan pengembangan ditemukan hasil 87,05% permainan bolavoli, 73,66% ahli kepelatihan bolavoli, dan 71,77% dari ahli media serta dari hasil uji coba kelompok kecil sebesar 83,07% dan uji coba kelompok besar sebesar 87,48%. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan oleh layak digunakan.

Besar harapan peneliti bila produk yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan untuk sasaran yang lebih luas serta dikembangkan lebih variatif sehingga dapat dikaji keefektifan dari produk pengembangan variasi latihan passing  atas yang telah dikembangkan peneliti.