SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Swishmax 4 untuk Kelas V Materi Tema 5 Subtema 3 di SDN Purwantoro 8 Kota Malang

anjar surya kusuma

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusuma, Anjar Surya. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Swishmax 4 untuk Kelas V Materi Tema 5 Subtema 3 di SDN Purwantoro 8 Kota Malang.Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sukamti, M.Pd (2) Drs. Dimyati, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Multimedia, Swishmax 4, Materi Bagian Tumbuhan dan Cara Pemanfaatannya

Penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar menuntut siswa untuk menguasai kompetensi dalam 3 aspek, yaitu aspek kognitif, aspek psikomotor, dan aspek afektif. Pembelajaran yang dilakukan juga harus menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Media pembelajaran berbasis multimedia dapat membantu siswa dalam belajar. Salah satunya pada materi tema 5 subtema 3 khususnya bagian tumbuhan dan cara pemanfatannya.  Kurangnya variasi media yang digunakan membuat kondisi pembelajaran di kelas menjadi tidak kondusif sehingga hasil belajar siswa menjadi tidak maksimal. Untuk itu, perlu dikembangkan suatu media pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan Swishmax 4 untuk kelas V tentang materi tema 5 subtema 3. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media yang layak menurut ahli media, ahli materi, guru kelas V, dan siswa.

Model yang digunakan merupakan modifikasi dari model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Tahap pengembangan dibagi menjadi 3 langkah utama, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, dan uji coba produk. Validasi media dilakukan oleh 1 orang dosen IPA PGSD, 1 orang dosen media  Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, 1 orang guru kelas V serta uji coba kelompok kecil pada 20 siswa kelas V SDN Purwantoro 8 Kota Malang. Instrumen pengumpulan datanya menggunakan angket dengan format skala Likert. Data yang diperoleh berupa data numerik dan verbal. Teknik analisis data yang digunakan adalah terknik persentase.

Validasi oleh ahli materi mendapat hasil sebesar 83,8%, 85% oleh ahli media, dan 91,3% oleh guru kelas V. Uji coba kelompok kecil terhadap kelas V mendapatkan hasil sebesar 88,98%. Hasil kelayakan dari siswa ini juga didukung dengan hasil pretest dan posttest yang semuanya mengalami peningkatan. Total siswa yang mencapai nilai di atas rata-rata sebanyak 15 orang atau 75 % dari 20 siswa.Media pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan Swishmax 4 materi bagian tumbuhan dan cara pemanfaatannya yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi layak dan dapat diimplementasikan.

Media pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan Swishmax 4 materi bagian tumbuhan dan cara pemanfaatannya yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi, kemandirian dan rasa ingin tahu tentang materi yang dipelajari. Maka dari itu disarankan kepada guru dan siswa untuk menggunakan media ini dengan tujuan untuk membantu dalam proses pembelajaran sehingga bisa memenuhi tuntutan dari Kurikulum 2013.