SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan Overhead Smash Tenis Lapangan melalui Video untuk Melatih Kemampuan Overhead Smash pada Atlet Pemula PELTI Kota Blitar

bagus kusumardhana

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumardhana, Bagus. 2015.Pengembangan Variasi Latihan Overhead Smash Tenis Lapangan melalui Video untuk Melatih Kemampuan Overhead Smash pada Atlet Pemula PELTI Kota Blitar.Skripsi, JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S. (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci: latihan overhead smash tenis lapangan, atlet pemula tenis lapangan.

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti terhadap atlet di Persatuan Lawn Tenis Indonesia(PELTI) Kota Blitar pada tanggal 15 dan 16 November2014, latihan overhead smash pernah diberikan tapi kurang variasi, sehingga latihan yang diberikan monoton. Selain itu, juga diperkuat melalui penyebaran angket analisis kebutuhan kepada 10 atlet dan 1 pelatih di PELTI Kota Blitar,hasilnya adalah sebagai berikut: 1) 90 atlet(90%) menyatakan jenuh dengan latihan overhead smash yang telah dilakukan, 2) 9 atlet (90%) menyatakan sangat perlu dikembangkannya variasi latihan overhead smash, 3) 8 atlet (80%) setuju pengembangan latihan overhead smash menggunakan video karena menonton gambar bergerak yang hidup membantu perkembangan pukulan khususnya pada tingkat-tingkat permulaan. Dari permasalahan tersebut maka peneliti memecahkan masalah dengan mengembangkan variasi  latihan overhead smash melalui video untuk melatih kemampuan overhead smash pada atlet pemula PELTI Kota Blitar.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan variasi latihan overhead smash melalui video untuk melatih kemampuan overhead smash pada atlet pemula PELTI Kota Blitar.

Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini mengacu pada penelitian dan pengembangan Borg and Gall (1983:775) 10 langkah dan disederhanakan langkahnya menjadi 7 langkah sesuai dengan pendapat Ardhana (2002:9). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dengan persentase.

Hasil data yang diperoleh dari pengembangan variasi latihan overhead smash untuk atlet pemulaPELTI Kota Blitar sebagai berikut: 1) Hasil evaluasi  ahli kepelatihan tenis lapangan 75-100% dengan rata-rata 81,12% (layak diuji cobakan), 2) Hasil evaluasi ahli tenis lapangan 75-100% dengan rata-rata 81,1% (layak diuji cobakan), 3) Hasil evaluasi ahli media yaitu 75% dengan rata-rata 75% (layak diuji cobakan setelah revisi), 3) Uji coba kelompok kecil yaitu 79,17-100% dengan rata-rata 88,89%(dapat digunakan untuk uji coba kelompok besar), 4) Uji coba kelompok besar 81,25-95,31% dengan rata-rata 90,03%. Sehingga variasi latihan overhead smash tenis lapangan untuk atlet pemula dalam bentuk video di PELTI Kota Blitar dapat digunakan.

Berdasarkan hasil evaluasi para ahli dan hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar beberapa bagian produk ada yang harus direvisi. Hal ini dilakukan agar pengembangan variasi latihan overhead smash tenis lapangan melalui video akan lebih optimal untuk meningkatkan kemampuan overhead smash tenis lapangan atlet pemula PELTI Kota Blitar.