SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN VOLI TENIS LAPANGAN BAGI ATLET KLUB PELTI KOTA MALANG

AGUNG BAGUS DEWANTORO

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewantoro, Agung. B. 2015.PengembanganModel Latihan Voli Tenis Lapangan bagi Atlet Klub PELTI Kota Malang.Skripsi, JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes. (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: latihan voli tenis lapangan, atlet tenis lapangan

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan atlet di Klub PELTI Kota Malang pada tanggal 28 Maret 2014, latihan voli tenis lapangan jarang diberikan karena pelatih lebih mengutamakan latihan groundstroke dan servis juga kurangnya pengetahuan pelatih tentang model-model latihan voli tenis lapangan.

Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 10 atlet dan 1 pelatih di Klub PELTI Kota Malang, dengan hasil sebagai berikut: 1)100%atletmerasa jenuh pada saat latihan voli dengan model latihan yang sama. 2)100% atletmerasaperlu adanya variasi latihan voli untuk mempermudah mempelajari teknik dasar. 3)100% atletmenjawab perlu diberikan model-model latihan pukulan voli yang bervariasi agar tidak jenuh pada saat latihan dan 1 orang pelatih setuju jika dikembangkan model-model latihan untuk meningkatkan teknik dasar pukulan voli. 4)80% atletdan 1 orang pelatih membutuhkan media berupa buku sedangkan 20% atlet membutuhkan media berupa buku. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti mencoba memecahkan masalah dengan mengembangkan model latihan voli tenis lapanganbagi atlet Klub PELTI Kota Malang yang dikemas dalam bentuk buku.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihanvolitenislapanganbagiatletKlub PELTI Kota Malang. Diharapkan, pengembangan ini dapat memotivasi atlet dan bersemangat dalam latihan.

Penelitian yang dilaksanakan pada atlet di Klub PELTI Kota Malang, menggunakan metode penelitian pengembangan prosedural dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan,2) pembuatan produk awal,3) evaluasi ahli 4) ujicobakelompok kecil, 5) merevisihasilujicobakelompok kecil,6) ujicobakelompok besar,7) produk akhir.

Hasil pengembangan model latihan voli tenis lapangan bagi atlet Klub PELTI Kota Malang diperoleh data sebagai berikut: 1) ahli kepelatihan tenis lapangan yaitu 75-100%dengan rata-rata 90,15% (layak diuji cobakan), 2) ahli media yaitu 75-100% dengan rata-rata 85,71% (layak diuji cobakan setelah melakukan revisi), 3) uji coba kelompok kecil yaitu 79,2-95,8% dengan rata-rata 87,74% (dapat digunakan untuk uji coba kelompok besar), 4) 78,1-94% dengan rata-rata 86,5%(dapat digunakan tanpa revisi). Sehingga model latihan tenis lapangan bagi atlet Klub PELTI Kota Malang dapat digunakan.

Dari hasiltersebutdiharapkanpengembanganmodel latihan voli tenis lapangan bagi atlet Klub PELTI Kota Malanginibisamenjadi alternatif pelatihan agar proses latihan lebih menarik, bervariasi dan bermanfaat untuk atlet.