SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Ball Feeling melalui Video untuk Meningkatkan Teknik Dasar Tenis Lapangan pada Atlet Pemula di PELTI Kota Blitar

Ainun Nizar Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Ainun Nizar. 2015. Pengembangan Model Latihan Ball Feeling melalui Video untuk Meningkatkan Teknik Dasar Tenis Lapangan pada Atlet Pemula di PELTI Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S., (II)Drs. Supriatna, M.Pd.

 

Kata Kunci: latihan ball feeling, atlet tenis lapangan, video

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan atlet tenis lapangan di PELTI Kota Blitar pada tanggal 16 Nopember 2014, latihan ball feelingjarang  diberikan, latihan ball feeling yg diberikan terlalu monoton, serta belum adanya media yang jelas tentang model latihan ball feeling.

Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 10atlet tenis serta pelatih pada atlet tenis di PELTI Kota Blitar dengan hasil sebagai berikut: atlet tenis serta pelatih pada atlet tenis di PELTI Kota Blitar membutuhkan media dalam melaksanakan latihan ball feeling yang dikemas dalam bentuk video.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modellatihan ball feelinguntuk meningkatkan teknik dasar tenis lapangan. Melalui video diharapkan, pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam pelatihan agar atlet tenisdi PELTI Kota Blitar lebih antusias dan bersemangat dalam melaksanakan latihan ball feeling.

Penelitian yang dilaksanakan pada atlet tenis PELTI Kota Blitar ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Hasil pengembangan model latihan ball feeling untukatlet tenis diPELTI Kota Blitar diperoleh data sebagai berikut: (1) hasil evaluasi ahli tenis75-100%dengan persentase rata-rata 82,38%, (2) hasil evaluasi ahli media75-100%dengan persentase rata-rata 77,5%,(3) hasil uji coba kelompok kecil 75-100%dengan persentase rata-rata 88,3%, (4) hasil uji coba kelompok besar 84-97%dengan persentase rata-rata 90,93%. Hasil pengembangan model latihanball feeling pada tenis lapangan untuk atlet pemula diPELTI Kota Blitarini dapat disimpulkan adalah menarik untuk dilakukan atlet, latihan aman dilakukan oleh atlet, latihan mudah dilakukan oleh atlet, latihan tepat untuk atlet, serta latihan bermanfaat untuk atlet. Produk yang dikembangkan menarik dilakukan karena modellatihan yang dibuat berbentuk latihan individu dan berpasangan. Permainan aman dilakukan karena setiap model latihan berkonsep sederhana dan menarik. Latihan mudah untuk dilakukan dengan konsep langkah-langkah yang mudah dipahami. Latihan tepat untuk atlet tenis di PELTIKota Blitar karena diadaptasikan dengan ciri-ciri latihan ball feeling pada umumnya dan latihan atlet tenis khususnya.