SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Kecepatan dan Kelincahan dengan Speed Ladder dalam permainan Sepakbola di SSB Tunas Remaja Kota Malang

Irfan Nurromadhon

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurromadhon, Irfan. 2015. Pengembangan Model Latihan Kecepatan dan Kelincahan dengan Speed Ladder dalam permainan Sepakbola di SSB Tunas Remaja Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: latihan kecepatan dan kelincahan, speed ladder

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan tanggal 13-17 September 2014 di SSB Tunas Remaja kota Malang, menunjukan bahwa kelemahan siswa kelompok umur 14-16 tahun yang paling menonjol adalah lemahnya kecepatan dan kelincahan yang dimiliki, siswa cenderung kurang antusias terhadap latihan fisik, khususnya latihan kecepatan dan kelincahan. Dari sisi lain, pelatih belum mempunyai program latihan dan alat yang dapat menunjang penuh untuk melatih kecepatan dan kelincahan yang diterapkan, dan belum pernah melakukan pengembangan untuk menanggulangi kondisi yang ada. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) mendapatkan hasil dari 2 Pelatih, keduanya menyatakan bahwa minat siswa sangat kurang terhadap materi latihan fisik.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model latihan kecepatan dan kelincahan dengan Speed Ladder. Diharapkan, pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam latihan agar siswa lebih antusias dan bersemangat dalam latihan.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775) langkah-langkah tersebut adalah: (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan. Menyusun rencana penelitian. (3) Pengembangan draf produk (4) Uji coba lapangan awal (5) Merevisi hasil uji coba  (6) Uji coba lapangan (7) Penyempurnaan produk akhir. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Dan tes kecepatan dan kelincahan yang dianalisis dengan uji t. Model latihan ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli serta uji coba lapangan, yaitu 1 ahli sepakbola, 1 ahli pelatih sepakbola dan 1 ahli Media.

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa model latihan kecepatan dan kelincahan dengan Speed Ladder dalam permainan sepakbola di SSB Tunas Remaja Kota Malang layak dan bisa digunakan oleh siswa serta pelatih di SSB Tunas Remaja Kota Malang.

Tes efektivitas model ini terbukti bahwa model latihan kecepatan dan kelincahan dengan Speed Ladder secara efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan dan kelincahan siswa dalam latihan Fisik sepakbola di SSB Tunas Remaja Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan sebaiknya subjek penelitian ini dilakukan pada yang lebih luas maupun kepada beberapa SSB lain.