SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Kelincahan dan Kelentukan terhadap Keterampilan Dribbling Sepakbola SSB PAS-ITN Kabupaten Malang

Andhi Zakariya Utama

Abstrak


ABSTRAK

 

Utama, Andhi, Zakariya. 2015. Pengaruh Latihan Kelincahan dan Kelentukan terhadap Keterampilan Dribbling Sepakbola SSB PAS-ITN Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M. Pd, (II)I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: kelincahan, kelentukan, dribbling

Sepakbola adalah suatu yang umum diantara orang-orang dengan latar belakang dan keturunan yang berbeda-beda sebagai jembatan yang menghubungkan jenjang ekonomi, politik, kebudayaan dan agama. Dalam permainan sepakbola, menggiring bola merupakan salah satu teknik dasar yang memiliki peranan penting dalam permainan sepakbola. Pelaksanaan proses pembelajaran permainan sepakbola di SSB PAS-ITN Kabupaten Malang menunjukkan adanya masalah yaitu, kurangnya keterampilan menggiring bola, hal tersebut karena kurangnya latihan yang menunjang komponen latihan menggiring bola. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola adalah dengan menggunakan latihan kelincahan dan kelentukan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan kelincahan, kelentukan dan latihan konvensional terhadap hasil belajar keterampilan menggiring bola pada permainan sepakbola.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan sampel penelitian 20 siswa sekolah sepakbola PAS-ITN Kabupaten Malang. Sampel dibagi dalam dua kelompok dengan cara matching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dribbling sepakbola. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) satu jalur.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, latihan kelincahan dan kelentukan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan dribbling siswa (Fh = 5,369 > Ft = 4,41). Kedua, latihan konvensional tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan dribbling siswa (Fh = 0,57 < Ft = 4,41). Ketiga, ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan kelincahan dan kelentukan dengan latihan konvensional terhadap keterampilan dribbling siswa (Fh = 33,03 > Ft = 4,41), dan latihan kelincahan kelentukan (mean = 26,47 dan SD = 3,09) memberikan pengaruh lebih baik terhadap keterampilan dribbling siswa daripada latihan konvensional (mean = 28,71 dan SD = 2,16).

Saran yang dapat diberikan kepada Pelatih SSB PAS-ITN Kabupaten Malang, hendaknya menggunakan latihan kelncahan dan kelentukan , karena dari hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata latihan kelincahan dan kelentukan memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap peningkatan keterampilan dribbling siswa SSB PAS-ITN Kabupaten Malang.