SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KETERAMPILAN QUICK SMASH BOLAVOLI DENGAN METODE PART AND WHOLE PADA TIM BOLAVOLI PUTRI KLUB BINAYUDA ROWOKANGKUNG KABUPATEN LUMAJANG

KHARISMA WAHYU ATMAJA

Abstrak


ABSTRAK

 

Atmaja, Kharisma Wahyu. 2015. “Peningkatan Keterampilan Quick Smash Bolavoli Dengan Metode Part and Whole Pada Pemain Tim Bolavoli Putri Klub Binayuda Rowokangkung Kabupaten Lumajang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: quick smash, part and whole

Permainan Bolavoli adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua tim dalam satu lapangan di mana setiap tim terdiri dari enam orang dan terpisah oleh net. Salah satu keterampilan teknik dasar yang sering digunakan pada saat penyerangan dalam permainan bolavoli adalah smash. Dalam permainan bolavoli smash mempunyai beberapa macam, salah satunya yaitu quick smash. Dari hasil observasi awal didapatkan persentase tingkat keberhasilan pemain pada gerakan awalan sebesar 88,23%; gerakan tolakan sebesar 76,48%; gerakan meloncat sebesar 70,59%; gerakan perkenaan bola sebesar 35,29%; dan gerakan mendarat sebesar 82,35%. Data tersebut menunjukkan bahwa pemain masih melakukan banyak kesalahan. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif pemecahan, salah satunya dengan menggunakan metode part and whole di dalam latihan keterampilan quick smash permainan bolavoli.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan quick smash permainan bolavoli dalam latihan pada Tim Bolavoli Putri Klub Binayuda Rowokangkung Kabupaten Lumajang dengan menggunakan metode Part and Whole.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 pemain putri Klub Bolavoli Binayuda Rowokangkung Kabupaten Lumajang.

Hasil dari penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan pemain dalam melakukan quick smash setelah dilakukan latihan dengan menggunakan metode part and whole. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu tiga minggu dengan sembilan pertemuan di siklus 1, dan dua minggu dengan 6 pertemuan di siklus 2. Tingkat keberhasilan pemain pada siklus 1 pertemuan 1 sampai pertemuan 3 pada minggu pertama, pertemuan 4 sampai pertemuan 6 pada minggu kedua, pertemuan 7 sampai pertemuan 9 pada minggu ketiga yaitu dari awalan di minggu pertama 87,06%, 94,68% di minggu kedua, dan 100% di minggu ketiga. Tolakan di minggu pertama 69,80%, 83,53% di minggu kedua, dan 90,20% di minggu ketiga. Meloncat di minggu pertama 63,14%, 76,86% di minggu kedua, dan 83,92% di minggu ketiga. Perkenaan bola di minggu pertama 55,29%, 67,85% di minggu kedua, dan 78,04% minggu ketiga. Mendarat di minggu pertama 80%, 92,94% di minggu kedua, dan 96,86% di minggu ketiga.

Pada siklus 2 jumlah persentase gerakan yang benar yaitu mulai pertemuan 1 sampai pertemuan 6 atau mulai minggu 1 sampai minggu 2 mengalami peningkatan. Tingkat keberhasilan mulai dari awalan di minggu pertama 100% dan tetap sebesar 100% di minggu kedua. Tolakan di minggu pertama 94,51% dan 98,04% di minggu kedua. Meloncat di minggu pertama 90,59% dan 93,73% di minggu kedua. Perkenaan bola di minggu pertama 85,88% dan 90,98% di minggu kedua. Mendarat di minggu pertama sebesar 97,26% dan tetap 97,26% di minggu kedua.

Kesimpulannya adalah dengan penggunaan metode part and whole dalam latihan dapat meningkatkan keterampilan quick smash pemain Tim Putri Bolavoli Klub Binayuda Rowokangkung Kabupaten Lumajang.