SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhLatihan Small Sided Games Terhadap Peningkatan Kemampuan Vo2max Pemain Sepakbola Di Persatuan Sepakbola Smuba Junior Kota Batu

ALIF UTAMA KARIIS PUTRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Alif Utama Kariis.2015.PengaruhLatihan Small Sided Games Terhadap Peningkatan Kemampuan Vo2max Pemain Sepakbola Di Persatuan Sepakbola Smuba Junior Kota Batu. Skripsi, JurusanPendidikanJasmanidan Kesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing:(I)I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd, (II) Fahrial Amiq, S.Or., M.Pd.

 

Kata kunci:eksperimen, small sided games, kemampuan Vo2max

Kondisifisikmemegang peranan yang sangat pentingdalam mencapai prestasimaksimal. Kesalahan teknik dan taktik sering terjadi pada saat pemain kehilangan konsentrasi yang diakibatkan oleh menurunnya stamina. Salah satu carauntukmengetahuistamina pemainadalahdengan mengukur Vo2maxpemaintersebut. Semakinbesarkemampuanseseorangmenyerapoksigensemakinbagus pula staminapemain. Latihansmall sided games adalahsalahsatubentuklatihan 3 lawan 3 sampai 7 lawan 7 yang memodifikasipermainansepakbolasesungguhnyadenganintensitasmaksimal, recovery yang singkat, danjumlahpemain yang disesuaikandenganukuranlapangan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhlatihansmall sided games terhadappeningkatanVo2maxpemain sepakbola U-17 di Persatuan Sepakbola Smuba Junior Kota Batu.

Metodepenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu/kuasi. Rancanganeksperimensemuinidigunakanpadaduakelompoksubjekyaitukelompoksmall sided games dankelompokkonvensional. Penelitianinimelaluibeberapatahap, antara lain: (1) tahappersiapan, (2) tahappelaksanaan. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahbleep test. Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisvariansatujalur (one way anova).Subjekdalampenelitianiniadalahpemainsepakbola U-17 PersatuanSepakolaSmuba Junior Kota Batuyang berjumah 30 pemain.

Hasil dari penelitian yang telahdianalisis dengan menggunakan teknik analisis varian satu jalur atau one way anova dengan taraf signifikansi 0,05. Dari uji tersebut diperoleh Fhitung  sebesar 7,052432