SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN POLA LATIHAN FASTBREAK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PERMAINAN BOLABASKET SMP NEGERI 1 MALANG

RIFKY DWI ANANDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwi, Ananda, Rifky 2015. Pengembangan Pola Latihan Fastbreak Menggunakan Media Video Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Permainan Bolabasket SMP Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd

 

Kata Kunci : Pengembangan, Pola Latihan, Fastbreak bolabasket, Media Video.

Berdasarkan hasil observasi waktu praktik kepelatihan dan dari analisis kebutuhan yang dilakukan pada pelatih dan peserta kegiatan ekstrakurikuler permainan bolabasket di SMP Negeri 1 Malang. Terdapat kesimpulan bahwa pelatih kurang menerapkan berbagai macam pola latihan terutama dalam hal menyerang khususnya fastbreak atau serangan balik cepat cenderung tidak seperti situasi permainan sesungguhnya sehingga latihan kurang menarik, disamping itu pola bentuk latihan monoton tidak adanya penggunaan variasi media dalam latihan. Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil analisis kebutuhan 90,27% berarti penelitian dan pengembangan membutuhkan pola latihan fastbreak menggunakan media video.

Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan pola latihan fastbeak  menggunakan media video pada kegiatan ekstrakurikuler permainan bolabasket  SMP Negeri 1 Malang.

Model yang digunakan dalam penelitian ini berupa model prosedural dengan langkah-langkah pengembangan merujuk pendapat Borg and Gall. Langkah pengembangan dalam penelitian ini menggunakan 9 langkah. Subjek uji coba meliputi empat orang ahli, pelatih ekstrakurikuler, dan peserta ekstrakurikuler. Jenis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa angket. Tehnik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Produk pengembangan yang dihasilkan adalah pola latihan fastbreak menggunakan media video yang dilengkapi dengan buku panduan. Hasil saran empat orang ahli menyatakan media dapat digunakan. Berdasarkan hasil analisis uji coba kelompok kecil sejumlah 10 peserta diperoleh persentase 85,45%, hasilnya cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil, sedangkan dari uji coba kelompok besar sejumlah 30 peserta diperoleh hasil 88,26% artinya sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Sehingga, penelitian dan pengembangan tentang pola latihan fastbreak menggunakan media video dapat diterapkan pada kegiatan ekstrakurikuler permainan bolabasket di SMP Negeri 1 Malang.

Kesimpulan hasil penelitian bahwa pola latihan fastbreak menggunakan media video dapat digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler permainan bolabasket di SMP Negeri 1 Malang. Saran bagi pelatih hasil dari penelitian dan pengembangan pola-pola latihan fastbreak bolabasket menggunakan video dapat dijadikan salah satu alternatif latihan bolabasket, latihan lebih menarik dan bervariasi.