SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Ladder terhadap Prestasi Keterampilan Dribbling Sepakbola Usia 14-15 Tahun di Sekolah Sepakbola (SSB) Batu Putra Kota Batu

LUTFI ARDY SETIAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Lutfi, Ardy. 2015. Pengaruh Latihan Ladder terhadap Prestasi Keterampilan Dribbling Sepakbola Usia 14-15 Tahun di Sekolah Sepakbola (SSB) Batu Putra Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: latihan ladder, keterampilan dribbling sepakbola.

Sepakbola merupakan permainan beregu, masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain dan salah satunya penjaga gawang. Dalam suatu permainan sepakbola, menggiring bola merupakan salah satu teknik dasar yang cukup memiliki peranan penting dalam permainan sepakbola. Pelaksanaan proses kegiatan di Sekolah Sepakbola (SSB) Batu Putra menunjukkan adanya masalah yaitu, kurangnya kemampuan dribbling sepakbola dibandingkan dengan kemampuan pada teknik dasar sepakbola yang lain, hal tersebut dikarenakan kurangnya kecepatan, dan kekuatan saat dribbling bola. Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan saat menggiring bola adalah dengan menggunakan latihan ladder.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan ladder dan latihan konvensional terhadap keterampilan dribbling bola pada permainan sepakbola.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan sampel penelitian 20 orang pemain SSB Batu Putra usia 14-15 tahun. Sampel dibagi dalam dua kelompok dengan cara ordinal pairing matching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dribbling sepakbola.

Dari hasil pengujian hipotesis skor keterampilan dribbling bola masing-masing kelompok telah dihitung  melalui uji anava menggunakan uji F, skor keterampilan tes awal dengan tes akhir kelompok latihan ladder diperoleh hasil yang signifikan yaitu, (Fh = 40,48 > Ft 0,05 = 4,41) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap perlakuan yang diberikan, kemudian kelompok konvensional diperoleh hasil yang signifikan yaitu, (Fh = 24,49 > Ft 0,05 = 4,41) juga menunjukkan adanya pengaruh terhadap latihan yang diberikan dari pelatih, dan selisih skor keterampilan tes akhir masing-masing kelompok diperoleh hasil yang signifikan yaitu, (Fh = 12,36 > Ft 0,05 = 4,41), disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok latihan ladder dengan kelompok konvensional.

Dapat disimpulkan bahwa latihan yang dilakukan kelompok eksperimen dapat meningkatkan keterampilan dribbling bola, karena latihan tersebut mengandung unsur kecepatan, kelincahan, dan koordinasi, selain itu latihan tersebut memberikan pengaruh yang lebih baik daripada latihan konvensional dalam upaya peningkatan keterampilan dribbling bola.