SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA LENTING BERBASIS AUDIO VISUAL BENTUK FLASH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 11 MALANG

DICKY CHANDRA AKIKI

Abstrak


ABSTRAK

 

Akiki, Dicky, Chandra 2015. Pengembangan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Lenting Berbasis Audio Visual Bentuk Flash Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes (2) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata Kunci: pengembangan pembelajaran, materi lompat jauh gaya lenting, audio visual bentuk flash.

Dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan khususnya materi atletik peserta didik banyak yang kurang perhatian dan motivasi dalam belajar. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peseta didik. Media dalam pembelajaran mempunyai peranan untuk memacu motivasi belajar peserta didik, peneliti melakukan penelitian tentang pembelajaran lompat jauh gaya lenting berbasis audio visual bentuk flash..

Tujuan penelitian ini mengembangkan pembelajaran lompat jauh gaya lenting berbasis audio visual bentuk flash untuk peserta didik di SMK Negeri 11 Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa model prosedural dengan langkah-langkah pengembangan merujuk pendapat Borg and Gall. Langkah pengembangan dalam penelitian ini menggunakan 8 langkah. Subjek uji coba meliputi tiga orang ahli, pendidik, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data instrumen berupa angket dan wawancara kepada peserta didik dan pendidik pendidikan jasmani. Jenis data yang diperoleh berbentuk data kualitatif dan data kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa angket. Tehnik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil analisis kebutuhan 76,7% berarti penelitian dan pengembangan membutuhkan model pembelajaran lompat jauh berbasis audio visual. Hasil saran tiga orang ahli menyatakan media dapat digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil 81,81%, hasilnya sangat baik, sedangkan dari uji coba kelompok besar diperoleh hasil 76,2% artinya masuk dalam katagori baik dan dapat digunakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis audio visual bentuk flash dapat diterapkan di SMK Negeri 11 Malang.

Kesimpulan hasil penelitian bahwa media pembelajaran audio visual bentuk flash dapat digunakan dalam pembelajaran teori lompat jauh gaya lenting. Model pembelajaran menggunakan flash diharapkan dapat diuji cobakan pada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu, sebaiknya hasil pengembangan dilanjutkan pada pengembangan lompat jauh secara keseluruhan, karena pruduk yang dikembangkan ini hanya terfokus pada 1 cabang gaya lompat jauh saja.