SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aktivitas Stretching Pasif Secara Berpasangan Berbasis Media Audio Visual Pada Kelas X

WAHYU TRI YULIYANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuliyanto, Wahyu Tri. 2015. Pengembangan Aktivitas Stretching Pasif Secara Berpasangan Berbasis Media Audio Visual Pada Kelas X. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Stretching Pasif secara Berpasangan, audio-visual

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan melalui pengamatan pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas X SMA Negeri 2 Kota Mojokerto ditemukan bahwa siswa terlihat tidak sungguh-sungguh dalam melakukan stretching. Sedangkan wawancara yang dilakukan pada salah satu guru olahraga kelas X SMA Negeri 2 Kota Mojokerto menyatakan bahwa guru belum pernah melakukan gerakan stretching yang lain selama pembelajaran. Penyebaran kuisioner terhadap 45 siswa, 45 siswa menyatakan bahwa selalu melakukan stretching pada awal pembelajaran secara individual.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan variasi latihan stretching yang sering dilakukan oleh siswa. Dengan adanya stretching pasif secara berpasangan yang belum pernah diajarkan kepada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Mojokerto, diharapkan dapat memberikan suatu pembelajaran yang baru bagi siswa. Dengan adanya hal baru ini dapat membuat siswa terlihat antusias dan senang untuk melakukan aktivitas stretching.

Penelitian yang dilaksanakan pada kelas X di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg And Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif.. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner.

Hasil pengembangan dari produk ini aktivitas stretching pasif secara berpasangan berbasis media audio-visual yang dikemas dalam bentuk VCD dan disertai buku panduan pelaksanaan. Berdasarkan uji coba kelompok kecil pada 10 siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Mojokerto yang dilakukan diperoleh persentase 87,25% yang berarti produk sangat valid sehingga produk dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan pada uji coba kelompok besar pada 36 siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Mojokerto diperoleh persentase 88,95% yang berarti produk sangat valid sehingga produk dapat digunakan tanpa revisi pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan bagi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Mojokerto.

Dapat disimpulkan bahwa pengembangan aktivitas stretching pasif secara berpasangan berbasis media audio-visual pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Mojokerto dapat dipergunakan karena mudah dilakukan, produk yang dihasilkan menarik minat siswa untuk mempelajari gerakan stretching yang dikembangkan.