SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LATIHAN BACK UP TERHADAP KEMAMPUAN HEADING SEPAKBOLAPENGARUH LATIHAN BACK UP TERHADAP KEMAMPUAN HEADING SEPAKBOLA PADA SISWASSB ANGLING DHARMA KABUPATEN BOJONEGORO

AGUSTA TRIASMAR SETIAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Agusta Triasmar.2015. Pengaruh Latihan Back Upterhadap Kemampuan Heading Sepakbola pada Siswa SSB Angling Dharma Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyoko, M. Pd, (II) Dr.Eko Hariyanto, M. Pd.

 

Kata kunci:latihan back up, heading, sepakbola.

Sepakbola merupakan permainan beregu, masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain dan salah satunya penjaga gawang.Teknik dasar sangat diperlukan dalam sepakbola salah satunya yaitu,headingyang cukup memiliki peranan penting dalam permainan sepakbola.Pelaksanaan proses latihan sepakbola pada siswa SSB Angling Dharma menunjukkan adanya masalah yaitu, kurangnya kemampuan heading dibandingkan dengan kemampuan pada teknik dasar sepakbola yang lain, hal tersebut dikarenakan kurangnya latihan khusus untuk kemampuan heading yang diberikan pada siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan heading adalah dengan menggunakan latihan back up.

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara latihan back upterhadap kemampuan headingsepakbola padasiswa SSB Angling Dharma Kabupaten Bojonegoro.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah eksperimen yang dilakukan kepada siswa SSB Angling Dharma Kabupaten Bojonegoro dengan rentang usia antara 14-16 tahun. Jumlah sampel sebanyak30 orang dan dibagi menjadi dua kelompok dengan cara ordinal pairing matching. Instrumenpenelitian menggunakan tes kemampuan heading.Teknik analisis data yang dipergunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) satu jalur.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, latihan back up tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan heading pada siswa sepakbola (Fh= 1,11 < Ft = 4,20). Kedua, latihan konvensional tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan headingpada siswa sepakbola (Fh= 0,02 < Ft = 4,20). Ketiga, tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan back up dengan latihan konvensional terhadap peningkatan kemampuan heading pada siswa sepakbola (Fh= 2,55 < Ft = 4,20), dan latihan back up (mean = 7,94 dan SD = 2,99) memberikan pengaruh lebih baik terhadap peningkatan kemampuan heading pada siswa sepakbola daripada latihan konvensional (mean = 7,00 dan SD = 2,04).

Dapat disimpulkan bahwa perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata latihan back upmemberikan pengaruh yang lebih baik terhadap peningkatan kemampuan headingsepakbola pada siswa SSB Angling Dharma Kabupaten Bojonegoro.Saran yang dapat diberikan kepada pembina SSB Angling Dharma Kabupaten Bojonegoro, hendaknya menggunakan latihan back up sebagai bentuk latihan untuk meningkatkan kemampuan heading.