SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Renang Gaya Kupu-kupu Menggunakan Alat Bantu Handfin Di Klub Oscar Family Club Kabupaten Malang

NUR CHOLIS

Abstrak


ABSTRAK

 

Cholis, Nur. 2015. Pengembangan Model Latihan Renang Gaya Kupu-kupu Menggunakan Alat Bantu Handfin Di Klub Oscar Family Club Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd, (II) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Model Latihan, Renang Gaya Kupu-kupu, Handfin.

Gaya kupu-kupu merupakan perkembangan dari gaya dada, gerakan lengan pada fase pemulihan di atas permukaan air secara serentak dan gerakan kaki menyerupai gerakan ikan lumba-lumba. Proses latihan renang pada klub Oscar Family Club Kabupaten Malang khususnya latihan renang gaya kupu-kupu, masih terdapat kekurangan pada model latihan yang cenderung drill gaya dan kurangnya pemanfaatan alat bantu khususnya alat bantu handfin. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi dan pembagian angket kepada pelatih maupun atlet. Mengingat pentingya model latihan menggunakan alat bantu, maka peneliti mengembangkan model latihan gaya kupu-kupu menggunakan alat bantu khususnya alat bantu handfin agar dapat menunjang keterampilan atlet dan menambah variasi latihan serta memaksimalkan penggunaan alat bantu handfin. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan model latihan renang gaya kupu-kupu menggunakan alat bantu handfin di klub Oscar Family Club Kabupaten Malang, agar model latihan renang khususnya renang gaya kupu-kupu lebih bervariasi, mudah dan menyenangkan.

Metode penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan research and development dari Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah namun peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yaitu: (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba tahap I, (5) revisi produk, (6) uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil dengan subjek 6 atlet adalah 81,08% hasilnya cukup valid, sedangkan hasil uji coba lapangan dengan subjek 32 atlet adalah 87,04% hasilnya sangat valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model latihan renang gaya kupu-kupu menggunakan alat bantu handfin di klub Oscar Family Club Kabupaten Malang dapat digunakan.

Kesimpulan dan saran meliputi (1) hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa model latihan renang gaya kupu-kupu menggunakan alat bantu handfin dengan tujuan mempermudah dan menambah variasi latihan renang gaya kupu-kupu, (2) pemanfaatan produk model latihan yang dikembangkan yaitu model latihan renang gaya kupu-kupu menggunakan alat bantu handfin, (3) sebelum disebarluaskan sebaiknya produk dievaluasi dan disosialisasikan terhadap pinak yang terkait, (4) pengembangan lebih lanjut bisa digunakan pada subjek yang lebih banyak.