SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Prinsip Dasar Shooting Bolabasket untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Malang

HENDY MUJIB NOOR

Abstrak


ABSTRAK

 

Noor, Hendy Mujib. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Prinsip Dasar Shooting Bolabasket untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Purnami, M.Pd. (II) Febrita  Paulina H. S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Media pembelajaran, Buku Digital, Shooting Bolabasket.

Pembelajaran bolabasket merupakan salah satu pembelajaran yang masuk dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013 yaitu mengukur dan mempraktikkan rencana perbaikan keterampilan salah satu  permainan bola besar. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam pembelajaran, guru perlu memiliki suatu cara, baik strategi, metode, maupun dalam hal media yang digunakan agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran menentukan proses pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan menggunakan kuisioner, sebanyak 89,23%  siswa mengalami kesulitan saat melakukan shooting dan membutuhkan suatu media untuk belajar dan mereka memilih buku digital sebagai salah satu media ajar yang cocok di era modern saat ini.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan pembelajaran prinsip dasar shooting bolabasket menggunakan media pembelajaran buku digital berbasis mobile learning yang diharapkan mampu menarik dan meningkatkan minat belajar siswa serta membuat pelaksanaan pembelajaran tidak terbatas oleh kelas.

Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan research and development Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Prosedur penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut: (1) Melakukan penelitian awal, observasi, dan penyebaran kuisioner, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Pengembangan rancangan produk awal, (4) Uji coba produk awal (kelompok kecil) sebanyak 8 siswa, (5) Revisi produk awal sesuai uji coba kelompok kecil, (6) Uji coba lapangan (kelompok besar) sebanyak 64 siswa, dan (7) Revisi produk akhir sesuai dengan uji kelompok besar.

Berdasarkan pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk kuisioner didapat hasil sebagai berikut: (1) Hasil evaluasi ahli yang menyatakan layak untuk dikembangkan, (2) Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase rata-rata  85,08%, (3) Hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase rata-rata 87,77% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku digital prinsip dasar shooting bolabasket untuk siswa kelas XI sekolah menengah atas (SMA) sangat jelas dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu media belajar.

Diharapkan hasil pengembangan ini dapat membantu siswa kelas XI sekolah menengah atas (SMA) agar memiliki suatu bahan belajar baru. Produk yang dikembangkan dalam bentuk softfile berbasis mobile learning ini diharapkan lebih mudah dipelajari dan dapat menarik minat siswa pada pembelajaran Dikjasorkes.