SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL-MODEL LATIHAN PUKULAN LOOP DRIVE FOREHAND TENIS MEJA DI PTM TRI DHARMA MALANG

JOTOK ADAM HARMONO

Abstrak


ABSTRAK

 

Adam, Harmono Jotok. 2014.PengembanganModel-ModelLatihanPukulan Loop Drive Forehand Tenis Meja di PTM Tri Dharma Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dra. Sri Purnami, M.Pd.,(II) Dr. Imam Hariadi, M.Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan, model-model latihan, loop drive forehand, tenis meja,

Pukulan Loop drive Forehand ,merupakan teknik dasar dari tenis meja. Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap 25 atlet di PTM Tri Dharma, didapat data dari 22 atlet (88%) belum pernah mendapatkan model-model latihan pukulan loop drive forehand, sebanyak 25atlet (100%) sangat penting pukulan loop drive forehand, sebanyak 25 atlet (100%) sangat setuju jika diadakan buku pembelajaran model-model latihan pukulan loop drive forehand.Untukmengatasimasalahtersebut, makapenelitimencobamemecahkanmasalahdenganmengembangkan model-model latihan pukulan loop drive forehand tenis meja di PTM Tri Dharma Malang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untukmengembangkan model-modellatihanpukulan loop drive forehanddalambentukbuku di PTM Tri Dharma Malang agar lebihbervariasisertamempermudah proses latihansehinggaberjalandenganlancar.

Dalam penelitian ini, peneliti mengacu model pengembangan dari Borg and Gall dan disederhanakan menjadi 8 langkah, langkah-langkah tersebut adalah: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) melakukan kajian teori, (3) mengembangkan produk awal, (4) evaluasi ahli, (5) uji coba kelompok kecil, (6) revisi produk, (7) uji coba kelompok besar, (8)revisi produk berdasarkan uji coba lapangan dan hasil produk akhir. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Model latihan ini dikembangkan melalui evaluasi dan saran para ahli, yaitu 1 ahli pelatihan tenis mejadiperoleh hasil 90,54%, dan 1 ahli mediadiperoleh hasil 79,16%,menyatakan produk pengembangan inidapatdiujicobakan. Berdasarkanhasil uji coba kelompok kecildengan subjek 6 anak didapat hasil 92,27% dengan tingkat validitas sangat valid (dapat digunakan tanpa revisi). Sedangkan hasil uji coba kelompok besar dengan subjek 19 anak didapat hasil94,14% dengan tingkat validitas sangat valid (dapat digunakan tanpa revisi).

Dari hasil tersebut diharapkan pengembangan model-model latihan pukulan loop drive forehanddalam bentuk buku panduan ini bisa di pergunakanuntuk pelatihan agar proses latihan lebih efektif dan berjalan dengan optimal.