SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VARIASI MODEL LATIHAN SHOOTING BOLABASKET PADA TIM BOLABASKET UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Mochammad Reza Kuncoro Yakti

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Reza Kuncoro Yakti, Mochammad. 2014. Pengembangan Variasi Model Latihan Shooting Bolabasket Pada Tim Bolabasket Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang: (1) Dr. Supriyadi, M.Kes. (2) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Model, Latihan, Shooting.

 

Pada tahun 2013 tim bolabasket Universitas Negeri Malang mengalami penuruan prestasi pada pertandingan LIMA. Peneliti melakukan observasi pada tim bolabasket Universitas Negeri Malang berdasarkan statistik dari pertandingan terebut. Dari keseluruhan data statistik pertandingan yang didapatkan pada tim bolabasket putra hanya dapat melakukan 40% bola masuk dari daerah 2 poin dan 12,6% dari daerah 3 poin, sedangkan untuk tim putri hanya dapat memasukkan 43,8% dari kesempatan yang ada dari daerah 2 poin dan 14,2% tembakan 3 poin yang masuk pada pertandingan LIMA Bolabasket yang diadakan di GOR Pertamina Universitas Brawijaya Malang.

Peneliti mengembangkan model latihan shooting bolabasket dengan tujuan agar latihan shooting yang diberikan lebih bervariasi dan dapat menghasilkan akurasi shooting yang lebih baik dari sebelumnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan shooting pada tim bolabasket Universitas Negeri Malang yang dibukukan.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan model latihan shooting bolabasket pada tim bolabasket Universitas Negeri Malang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan subjek ujicoba kelompok kecil sebanyak 8 atlet dan kelompok besar sebanyak 32 atlet.

                Berdasarkan data yang didapatkan dari uji coba kelompok kecil, diperoleh hasil rata-rata 78,13 % yang dikatakan cukup valid dan data dari uji coba kelompok besar menunjukkan hasil rata-rata 79,26% yang dikatakan cukup valid juga. Dari data yang di dapatkan tersebut dapat disimpulkan bahwa buku model latihan shooting untuk Tim Bolabasket Universitas Negeri Malang menarik untuk digunakan sebagai refrensi untuk latihan shooting.     

Diharapkan dari hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada kelompok yang lebih luas dan dapat digunakan untuk refrensi dalam latihan. Dan diharapkan untuk penelitian selanjutnya buku Model Latihan Shooting Untuk Tim Bolabasket Universitas Negeri Malang dapat diuji tingkat keefektifitas dari buku tersebut.