SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Permainan Dribel Bolabasket untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas Tujuh SMP Negeri 15 Malang

Abi Fajar Fathoni

Abstrak


ABSTRAK

 

Fathoni, Abi Fajar. 2015. Pengembangan Model Permainan Dribel Bolabasket untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas Tujuh SMP Negeri 15 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (2) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd. M.Pd.

 

Kata Kunci: Permainan, Dribel, Bolabasket.

Materi dribel bolabasket merupakan salah satu materi pokok yang diajarkan pada pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah khususnya untuk siswa kelas tujuh SMP Negeri 15 Malang. Namun seperti pada kenyataannya siswa kelas tujuh SMP pasti merasa bosan karena guru lebih sering menggunakan metode drilling. Mereka berharap ketika mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani mereka bisa bermain, bersenang-senang dengan teman, dan berekreasi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengembangan model permainan dribel bolabasket di sekolah tersebut.

Penelitian bertujuan mengembangkan model permainan dribel bolabasket untuk pembelajaran pendidikan jasmani kelas tujuh SMP Negeri 15 Malang. Dari pengembangan tersebut diharapkan dapat membuat suasana pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pada materi dribel bolabasket menjadi lebih menyenangkan, bervariasi, dan membuat semua siswa menjadi aktif.

Penelitian ini menggunakan prosedur dari Borg dan Gall. Namun, peneliti hanya menggunakan tujuh dari sepuluh langkah yang dijelaskan Borg dan Gall. Hal ini berkaitan dengan penyesuaian kondisi dan keadaan penelitian.

Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah model-model permainan dribel bolabasket. Model permainan tersebut meliputi model permainan Deer Hunting, Touch Dribble, Mine Throwing, Dribble Scanning, dan Seize The Golden Egg. Kelima model permainan tersebut dikemas dalam buku saku berukuran 9 x 13 cm. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap produk pengembangan diperoleh persentase kelayakan sebesar 86,8%. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase kelayakan sebesar 88,2%. Kemudian perlu adanya pengkajian efektivitas dari produk pengembangan. Selanjutnya produk pengembangan bisa disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait, misalnya guru pendidikan jasmani dari sekolah lain agar mendapat pengakuan layak untuk digunakan.