SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan model permainan lari bervariasi pada pembelajaran atletik lari jarak pendek untuk peserta didik kelas VII smp n 6 malang

sri nawang ningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningsih, Sri Nawang. 2015, Pengembangan Model Permainan Lari Bervariasi Pada Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP N 6 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes, (II) Drs. Supriatna, M.Pd

 

Kata Kunci: model permainan lari bervariasi, atletik lari jarak pendek

Di dalam kurikulum pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi atletik khususnya lari jarak pendek  dibelajarkan di sekolah pada setiap semester. Namun, di dalam pelaksanaan pembelajaran atletik lari jarak pendek di sekolah kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena minat peserta didik  yang kurang dalam menerima materi atletik yang diberikan oleh pendidik. Untuk mengatasi kondisi tersebut, maka pendidik harus kreatif menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan di samping memanfaatkan sarana prasarana yang ada di sekolah. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan tentang model permainan lari bervariasi pada pembelajaran atletik lari jarak pendek untuk peserta didik kelas VII SMP N 6 Malang.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan model permainan lari bervariasi pada pembelajaran atletik lari jarak pendek  untuk peserta didik kelas VII SMP N 6 Malang..

Penelitian yang dilaksanakan di SMP N 6 Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian dan pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis deskriptif kuantitatif. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan berupa model prosedural, dengan merujuk langkah-langkah penelitian yang dimodifikasi.

Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut: evaluasi produk dari ahli pembelajaran diperoleh hasil 80%  termasuk katerogi baik, evaluasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani diperoleh hasil 81,67% termasuk kategori sangat baik, evaluasi ahli pembelajaran atletik diperoleh hasil 87,5% termasuk kategori sangat baik, evaluasi ahli permainan diperoleh hasil 75% termasuk kategori baik,  evaluasi ahli media diperoleh hasil 80% termasuk kategori baik,  uji coba tahap I (kelompok kecil) diperoleh hasil 84,72% termasuk kategori sangat baik, dan dari uji coba tahap II  (kelompok besar) diperoleh hasil 83,89% dengan kategori sangat baik.

Berdasarkan hasil analisis data disarankan (1) Model permainan lari bervariasi pada pembelajaran atletik lari jarak pendek yang dikembangkan ini diharapkan dikembangkan lagi supaya lebih variatif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal, (2) Untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas, baik jumlah peserta didik maupun sekolah yang digunakan sebagai kelompok uji coba, (3) Sebaiknya hasil pengembangan dilanjutkan pada penelitian mengenai efektifitas produk, karena hasil pengembangan ini hanya terbatas sampai penyusunan sebuah produk.