SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PERATURAN PERMAINAN SEPAKTAKRAW MENGGUNAKAN MEDIA ELECTRONIC BOOK PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Abid Galant Mufti

Abstrak


ABSTRAK

 

Mufti, Abid Galant. 2014. Pengembangan Pembelajaran Peraturan Permainan Sepaktaraw Menggunakan Media Electronic Book pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keoalahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd  (II) ) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: Pengembangan, pembelajaran, peraturan permainan sepaktakraw, electronic book

Berdasarkan analisis kebutuhan awal menggunakan kuisioner yang dilakukan peneliti terhadap dosen pembina matakuliah sepaktakraw di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang  diperoleh data bahwa materi pembelajaran peraturan permainan sepaktakraw sudah dijelaskan oleh dosen, namun  masih ada mahasiswa yang masih mengalami kesulitan, sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran khusus dalam menyampaikan materi pembelajaran peraturan permainan sepaktakraw, sehingga dosen menyetujui pengembangan media yang berupa electronic book. Sedangkan analisis kebutuhan menggunakan kuisioner terhadap 40 mahasiwa Fakultas Ilmu Keolahragaan menyatakan bahwa 97.5% mahasiswa perlu menggunakan media dalam pembelajaran peraturan permainan sepaktakraw,  97.5% menyatakan setuju apabila dikembangkan media pembelajaran berupa electronic book dalam pembelajaran peraturan permainan pada matakuliah sepaktakraw.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran peraturan permainan sepaktakraw dengan menggunakan media electronic book pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan mengambil 7 langkah dari 10 langkah yang ada, yaitu obeservasi dan pengumpulan data, mengembangkan produk, evaluasi ahli, uji kelompok kecil, revisi produk, uji kelompok besar, revisi produk akhir dan menghasilkan produk akhir.

Hasil evaluasi dan persentase dari 1 orang dosen pembimbing sebagai justifikator pada aspek sepaktakraw menyatakan 75% hasil persentase terkecil dan 100% terbesar, dan hasil evaluasi yang didapat dari  ahli pembelajaran memiliki persentase terkecil 75% dan terbesar 100%, maupun hasil evaluasi dari ahli media, yaitu persentase terkecil 75% dan terbesar 100%, sehingga produk dinyatakan dapat digunakan. Untuk uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 84,25%  sehingga produk dinyatakan sangat baik dan dapat digunakan untuk uji coba kelompok besar, sedangkan persentase pada uji coba kelompok besar terdapat penilaian sebesar 84,90% sehingga produk juga dinyatakan sangat baik dan dapat digunakan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, produk pengembangan ini dapat digunakan  sebagai sumber belajar dosen maupun mahasiswa. Diharapkan pengembangan berikutnya dapat lebih menyempurnakan isi maupun tampilan, sehingga lebih menarik dan lebih mempermudah dalam pembelajaran.