SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan bentuk latihan kombinasi Ball Handling dam Dribble melalui video pembelajaran instruksional pada ekstrakurikuler bolabasket di SMPN 1 Bandung Tulungagung

Tanggul Bayu Tembaga

Abstrak


ABSTRAK

 

Tembaga. Tanggul Bayu. 2015. Pengembangan bentuk latihan kombinasi Ball Handling dam Dribble melalui video pembelajaran instruksional pada ekstrakurikuler bolabasket di SMPN 1 Bandung Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Saichudin, M. Kes, (II) Febrita Paulina H, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Ball handling, Dribble, latihan, ekstrakurikuler

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dengan jumlah instrument 16 pertanyaan terhadap 25 peserta ekstrakurikuler bolabasket SMPN 1 Bandung melalui pengisian angket, peneliti memperoleh data sebagai berikut, (1) 88  % siswa perlu bentuk latihan guna meningkatkan teknik dasar bolabasket, (2) 88 % siswa memerlukan bentuk latihan kombinasi ball handling dengan dribble di ekstrakulikuler bolabasket, (3) 58 %  siswa hanya melakukan dribble berlari, dan hanya 28 % siswa menguasai kombinasi ball handling dengan dribble.

Prosedur pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall yang diadaptasi menjadi model-model sederhana sebagai berikut: (1) melakukan pengumpulan data awal melalui analisis kebutuhan terhadap 25 peserta ekstrakurikuler bolabasket, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi dari 3 ahli, (4) revisi produk pertama hasil evaluasi dari 3 ahli, (5) kegiatan uji coba kelompok kecil, (6) revisi produk kedua apabila ada masukan atau saran dari uji coba kelompok kecil, (7) uji coba kelompok besar, (8) revisi produk akhir apabila ada saran dari uji coba kelompok besar, (9) hasil akhir berupa bentuk latihan kombinasi Ball Handling dengan Dribble untuk peserta ekstrakurikuler bolabasket SMPN 1 Bandung melalui video pembelajaran instruksional.

Berdasarkan hasil peneltian tersebut diperoleh hasil 80% dari evaluasi ahli basket dengan kriteria baik, dari evaluasi ahli media diperoleh hasil 75% dengan kriteria cukup, dari evaluasi pelatih basket diperpoleh hasil 77% dengan kriteria baik. Berdasarkan evaluasi para ahli tersebut pengembangan bentuk latihan kombinasi Ball Handling dengan Dribble  dapat digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMPN 1 Bandung Tulungagung.

Dari uji coba kelompok kecil sebanyak 6 peserta ekstrakurikuler diperoleh hasil 89,67% dengan kriteria baik dan uji coba kelompok besar sebanyak 30 peserata ekstrakurikuler diperoleh hasil 89,37% dengan kriteria baik. Sehingga pengembangan bentuk latihan kombinasi Ball Handling dengan Dribble ini dapat digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMPN 1 Bandung Tulungagung.

Hasil pengembangan ini berupa video yang dikemas dalam bentuk VCD pengembangan bentuk latihan kombinasi Ball Handling dengan Dribble untuk peserta ekstrakurikuler bolabasket SMPN 1 Bandung Tulungagung.