SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo

try sevita haryanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Haryanto, Try Sevita. 2014. Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Permainan Bolavoli, Media Interaktif

Pendidikan merupakan suatu wadah untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki agar memperoleh sumber daya manusia yang berkualiatas. Dalam dunia pendidikan pendidik dituntut agar lebih kreatif mengembangkan media pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif. Semakin variatif media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik, maka semakin tinggi pula minat belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan adalah media pembelajaran berbasis komputer.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran permainan bolavoli menggunakan media interaktif sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 6 Situbondo, sehingga diharapkan dapat membantu memaksimalkan pembelajaran materi permainan bolavoli dan menciptakan proses belajar mengajar yang optimal.

Spesifikasi produk media interaktif permainan bolavoli berisi tentang sejarah, sarana dan prasarana, teknik dasar, senam fisik, taktik permainan, peraturan permainan, korp perwasitan dan latihan mental dalam permainan bolavoli. Dalam media interaktif permainan bolavoli dilengkapi teks, audio, gambar, video serta animasi.

Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan pembelajaran permainan bolavoli menggunakan media interaktif di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo menggunakan model penelitian dan pengembangan Research and Development dari Borg and Gall (1989) yang telah dimodifikasi yaitu hanya mengambil 7 langkah dari 10 langkah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Penelitian pengembangan pembelajaran permainan bolavoli menggunakan media interaktif pada uji coba (kelompok kecil) sebanyak 8 siswa memperoleh hasil sebanyak 80,2% dan pada uji coba lapangan (kelompok besar) sebanyak 30 siswa memperoleh hasil sebanyak 86,3%. Dari hasil penelitian tersebut maka media interaktif permainan bolavoli dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo.

Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah terciptanya media interaktif permainan bolavoli dengan spesifikasi produk menggunakan microsoft power point 2010 yang ada dalam software komputer dan media interaktif permainan bolavoli dilengkapi dengan narasi, musik, gambar dan video sebagai media pembelajaran. Media interaktif permainan bolavoli ini berisi tentang sejarah, sarana dan prasarana, teknik dasar, senam fisik, taktik permainan, peraturan permainan, korp perwasitan dan latihan mental dalam permainan bolavoli.

 

ABSTRACT

 

Haryanto, Try Sevita. 2014. The Development of Volleyball Game Learning Using Interactive Media in SMP Negeri 6 Situbondo Regency. Mini Thesis, Department of Physical and Health Education, Faculty of Sport Science, State University of Malang. Supervisors: (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Keywords: Learning, Volleyball Game, Interactive Media

Education is unit to develop the owned ability in order to achieve qualified human resource. In the world of education, educators are demanded to be more creative in developing learning media in order to make more effective teaching-learning activity. The more various learning media that used by educator, the higher student’s interest in learning. One of learning media that can be implemented is learning media based computer.

The aim of this research was to develop volleyball game learning using interactive media as learning media in SMP Negeri (Public Junior High School) 6 Situbondo, thus it was expected to be able to help in maximizing the learning of volleyball game material and creating optimal teaching-learning process.

Product specification of interactive media for this volleyball game was consisted of history, facility and infrastructure, basic technique, physical gymnastic, game tactic, game rule, referees corps, and mental training in volleyball game.

Research method that used in the development of volleyball game learning using interactive media in SMP Negeri 6 Situbondo Regency was research and development model from Borg and Gall (1989) that been modified which only taken by 7 steps from 10 steps. Data analysis technique that used in this research was analysis technique of descriptive with percentage. The research of development of volleyball game learning using interactive media was conducted to the test (small group) for 8 students that resulted for 80.2% and to the field test (large group) for 30 students that resulted for 86.3%. From the research result, thus the interactive media of volleyball game was stated as feasible to be used as learning media in SMP Negeri 6 Situbondo Regency.

Final result from this research and development was the creation of interactive media of volleyball game with product specification using Microsoft power point 2010 in the computer software and the interactive media of volleyball game was completed by narration, music, picture, and video as learning media. This interactive media of volleyball game was consisted of history, facility and infrastructure, basic technique, physical gymnastic, game tactic, game rule, referees corps, and mental training in volleyball game.