SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan model latihan sirkuit menggunakan media video untuk meningkatkan kondisi fisik dalam permainan sepakbola

REAN Various YOHANES

Abstrak


ABSTRAK

 

Yohanes, Rean, Various 2015. Pengembangan model latihan sirkuit menggunakan media video untuk meningkatkan kondisi fisik dalam permainan sepakbola Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes (2) dr. Agung Kurniawan, M.Kes

 

Kata Kunci: penelitian pengembangan, sepakbola, latihan sirkuit.

Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain, dengan waktu 2×45 menit. Sepakbola merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh individu-individu untuk menyebarluaskan gagasan dari pelatih agar sepakbola menjadi permainan yang lebih baik. Di SSB Batu Putra Kota Batu, model latihan sirkuit jarang diberikan oleh pelatih, hal ini diketahui oleh peneliti pada saat melaksanakan observasi dan wawancara di SSB Batu Putra Kota Batu, dan model latihan sirkuit yang diberikan pada siswa kurang bervariatif.

Tujuan penelitian dan pengembangan model latihan sirkuit di Sekolah Sepakbola Batu Putra Kota Batu yaitu memberikan variasi dan model latihan sirkuit yang nantinya diharapkan hasil pengembangan latihan tersebut dapat bermanfaat saat pertandingan khususnya bagi pemain di Sekolah Sepakbola Batu Putra Kota Batu.

Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model prosedural yang langkah-langkah pengembangan merujuk pendapat Borg and Gall. Dari 10 langkah pengembangan yang dikemukakan oleh  Borg and Gall, yang disederhakan oleh Ardhana, peneliti menggunakan 7 langkah yaitu. (1) Analisis kebutuhan dan produk awal, (2) uji ahli, (3) revisi produk, (4) uji kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji kelompok besar, dan (7) produk akhir. Jenis data yang diperoleh berbentuk data kualitatif dan data kuantitatif. Tehnik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil analisis kebutuhan 73% membutuhkan model latihan sirkuit dan dari hasil uji coba kelompok kecil  adalah 89% hasilnya baik sekali, sedangkan dari uji coba kelompok besar diperoleh hasil 86 % baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model latihan sirkuit dapat diterapkan di SSB Batu Putra Kota Batu.

Dalam penelitian model latihan sirkuit menghasilkan produk berupa media video bentuk vcd yang disertai dengan teks, narasi dan musik serta model atau pemeran video yang nantinya dapat digunakan sebagai media untuk melaksanakan latihan sirkuit melalui pengamatan video. Dalam pemanfaatan model latihan sirkuit dalam permainan sepakbola diharapkan bermanfaat bagi siswa Sekolah Sepakbola sehingga siswa Sekolah Sepakbola dapat lebih terbantu dalam upaya meningkatkan kondisi fisik.