SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Sederhana Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Kota Malang.

Nonang Alfian

Abstrak


ABSTRAK

 

Alfian, Nonang. 2014. Pengembangan Permainan Sederhana Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S.  (II) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, gerak dasar, lompat jauh, lompat jauh gaya jongkok, permainan sederhana.

 

Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan merupakan proses pembelajaran  yang lebih banyak mengarah pada aktivitas gerak. Pendidikan jasmani dan kesehatan adalah salah satu dari system pendidikan yang memfokuskan pada peningkatan ketrampilan gerak, cara berfikir kritis dan cepat, kebugaran jasmani, tindakan moral dan stabilitas emosional. Aspek yang sangat komplek terdapat didalam pembelajaran pendidikan jasmani, karena didalamnya siswa dituntut untuk belajar banyak hal, baik dalam segi pengetahuan, pergaulan dengan teman sebaya dan pembentukan karakter dari setiap siswa. Model pembelajaran yang baik dapat mempengaruhi terhadap suksesnya proses pembelajaran.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan membelajarkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan permainan sederhana untuk siswa kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Kota Malang agar siswa lebih senang dan antusias.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi: (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I rancangan produk, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner, (8) produk di kemas dalam bentuk buku panduan.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil adalah 83,10 hasilnya cukup valid, sedangkan uji coba kelompok besar adalah 93,75% hasilnya sangat valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok menggunakan permainan sederhana bisa digunakan pada siswa kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Kota Malang.

Hasil produk pengembangan permainan sederhana dalam pembelajaran  gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 kota Malang antara lain: (1) permainan sederhana lari dan lompat melewati ban bekas, mangga manggis melompati gawang paralon dan lompat gawang paralon dapat melatih gerak dasar tumpuan, saat di udara dan saat mendarat dalam lompat jauh gaya jongkok, mudah, menarik, aman dan menyenangkan bila dilakukan oleh siswa kelas 7 Sekolah Menengah Pertama, (2) alat yang digunakan dalam permainan lari dan lompat melewati ban bekas, mangga manggis melompati gawang paralon dan lompat gawang paralon menarik dan aman untuk digunakan dalam permainan, (3) pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok menggunakan permainan sederhana ini membuat siswa menjadi senang dan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh.

Dalam mengembangkan penelitian ini ke arah lebih lanjut, saran dari peneliti antara lain: 1) Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektifitas produk yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusun sebuah produk saja, 2) Peneliti hanya sebatas mengembangkan produk berupa pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok menggunakan permainan sederhana, diharapkan adanya pengembangan selanjutnya baik dalam aktivitas gerakan-gerakannya maupun media yang digunakan dalam pembelajarannya.